Lulusan SMK Binaan AHM Terbukti Punya Daya Saing Tinggi

0
smk binaan ahm
Lulusan SMK binaan AHM memiliki kualitas dan daya saing tinggi

ROCKOMOTIF, Jakarta – Sebagai produsen sepeda motor nomor satu di Tanah Air, PT Astra Honda Motor (AHM) tidak hanya semata-mata mengincar keuntungan semata. Tapi AHM juga berpikir jauh ke depan, seperti membantu menciptakan tenaga kerja yang berkualitas.

Untuk itu, AHM sudah sejak 8 tahun yang lalu berkontribusi mengembangkan kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) bagi SMK di Indonesia. Hingga kini, sudah ada 667 SMK mitra binaan AHM di 31 propinsi di Indonesia yang mengimplementasikan kurikulum ini bagi para siswanya.

Alumni yang dihasilkan program ini tercatat sudah bekerja sesuai dengan keterampilan yang dipelajarinya.

Siswa lulusan SMK yang mengajarkan Kurikulum TSM Astra Honda terbukti telah memiliki daya saing tinggi untuk dalam mengisi lapangan pekerjaan di industri otomotif.

Baca juga: Ini Honda CBR250RR Paling Murah, Cocok Buat Modif

Tahun lalu, sebanyak 42% pasokan tenaga mekanik baru di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) berhasil diisi oleh lulusan SMK TSM Astra Honda. Pada semester pertama tahun ini pun bertambah 157 orang seiring kebutuhan yang lebih luas di jaringan main dealer Honda.

Menurut Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan AHM saat ini bahkan tengah menyempurnakan Kurikulum TSM Astra Honda. Dengan muatan bisnis dan wirausaha yang nantinya akan melahirkan kurikulum baru berlabel Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

”Melalui pendidikan vokasi Astra Honda, kami ingin kompetensi generasi muda alumni SMK dapat semakin berkualitas. Tidak hanya bermanfaat bagi industri tapi juga bisa menjadi wirausaha mandiri,” ujar Muhibbuddin di sela diskusi pengembangan program pendidikan Satu Hati, Selasa (17/7/2018).

Pria yang akrab disapa Muhib ini juga menjelaskan jika AHM berusaha mengoptimalkan rantai bisnis yang dimiliki Astra untuk kemajuan alumni SMK mitra binaan kami.

“Mereka bisa berwirausaha sendiri atau bekerja di perusahaan atau melanjutkan kuliah dengan sistem yang terus kami kembangkan secara komprehensif dan terintegrasi.”

Banyak lulusan SMK binaan AHM yang bekerja di AHASS

Sejak 2010

Program SMK TSM Astra Honda diinisiasi oleh AHM sejak 2010 setelah Kementerian Pendidikan & Kebudayaan membuka kompetensi keahlian baru di SMK bernama Teknik Sepeda Motor. Kualitas program SMK TSM Astra Honda diapresiasi berbagai pihak, baik dari lingkungan pendidikan, pelaku usaha, maupun pemerintah.

Saat ini, kurikulum TSM Astra Honda diimplementasikan di sekitar 20% dari total 3.271 SMK di Indonesia. Melalui Program Pendidikan Satu Hati, AHM juga berusaha meningkatkan kompetensi para guru di 667 SMK binaan.

Dengan melakukan program pelatihan teknik berjenjang dengan materi yang sudah disiapkan para instruktur berdasarkan perkembangan teknologi sepeda motor terkini. Para guru inilah yang nanti mengajarkan Kurikulum TSM Astra Honda kepada para siswa. Tentunya dengan peralatan praktik dan laboratorium yang sudah distandardisasi oleh AHM.

Bagi para siswa, AHM memberikan kesempatan untuk melakukan magang atau praktik kerja industri di jaringan AHASS. Sebelum kompetensinya nanti diuji di penghujung masa sekolah siswa yang akan lulus.

Selain itu, AHM juga membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi lulusan TSM Astra Honda untuk bekerja sebagai operator pabrik di Sunter, Cikarang, atau Karawang. Sekitar 96% kebutuhan operator baru dipasok oleh lulusan SMK mitra binaan AHM.

Sebanyak 102 lulusan TSM Astra Honda juga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang sekitarnya melalui usaha bengkel Mandiri.

LEAVE A REPLY