Wuling E100, Mungil Tapi Punya Fitur Lengkap Layaknya Mobil Mewah

0
wuling e100
Wuling E100, mobil listrik mungil dengan fitur premium

ROCKOMOTIF, Serpong – Kalau sudah main ke GIIAS 2018 dan menegok booth Wuling Motors, ada display mobil mungil nan imut bernama E100. Mobil yang mengingatkan dengan Smart ForTwo dan game ChoroQ itu ternyata mobil listrik sepenuhnya yang bisa mengangkut dua orang.

Kabarnya, E100 yang meluncur tahun lalu di China itu sangat laris dan sudah terjual 11 ribu unit per Januari – Mei 2018. Lantas apakah Wuling berniat menjualnya di Indonesia?

Ternyata E100 cuma buat dipajang sebagai syarat pameran yang mengangkat elektrifikasi. Pasalnya, Wuling E100 sendiri tak dijual di seluruh pelosok China, cuma di kota-kota tertentu saja yang jaringan infrastrukturnya sudah mendukung elektrifikasi sepenuhnya.

Baca juga: Wuling SUV Speknya Sadis, Dijual Tahun Depan

Sekilas tampilannya serupa seperti Smart ForTwo

“Melalui E100, kami ingin mengungkapkan kalau kami sebenarnya sudah punya kendaraan listrik. Jadi ketika regulasi di Indonesia sudah muncul, bukan tidak mungkin akan dipasarkan,” ujar Vice President of Vehicle, Sales, Service and Marketing (VSSM) Wuling Motors, Cindy Cai di GIIAS, Kamis (2/8/2018).

Jadi masih sangat lama kalau berharap bisa menyetir E100 buat belanja ke Indomaret atau ke pasar modern.

Kabinnya hanya cukup untuk dua orang berperawakan Asia

Fiturnya Premium

Dimensi Wuling E100 sangat kompak, bisa dibilang serupa dengan mobil mungil Smart ForTwo. Panjangnya hanya 2.488 mm, sementara lebar 1.506 mm dan 1.670 mm untuk tingginya.

Jarak sumbu roda 1.600 mm, menawarkan kabin lumayan buat ukuran orang dewasa Asia. Malah masih bisa ditambah barang di belakangnya. Ukuran roda dan ban juga mungil, 12 inci dengan balutan karet 145/70 R12.

Dari desain, E100 seperti menargetkan generasi muda. Sangat menarik dan tipikal mobil perkotaan yang punya desain aman disukai banyak orang.

Motor listriknya bisa melaju 100 km/jam hingga 200 km dalam sekali pengisian

Semetara jantung elektrik disokong baterai lithium-ion 220V yang memberikan daya 29 kW dan torsi 110 Nm. Tenaga dikirim ke roda depan dan ada Electric Power Steering (EPS) untuk kemudahan pengoperasian kemudi.

Baca juga: Satu Tahun Wuling di Indonesia, Ini Pencapaiannya

Waktu pengisian ulang baterai sekitar 9 jam (dari 20 – 100 persen). Daya jelajahnya mencapai 200 km kalau baterai terisi penuh. Lubang pengisian baterai bisa dijumpai di ujung depan, tepatnya di balik logo mobil. Sementara akselerasinya diklaim 6,5 detik dari diam sampai 50 kpj dan mentok sampai 100 kpj.

Mobil ini belum akan dijual sampai keluar aturan mengenai mobil listrik di Indonesia

Fitur safety yang dimilikinya terbilang sangat tinggi buat mobil kecil. Ada SRS airbag, rem ABS-EBD, Electronic Stability Control (ESC), kamera parkir mundur dan sensor, rem cakram di keempat rodanya dan ISOFIX.

Wuling E100 juga dibekali dengan rem parkir elektrik (EPB), keyless entry, tombol Start/stop, mode berkendara (Eco-Normal-Sport), port USB, layar hiburan 10 inci dan akses audio dari lingkar kemudi.

LEAVE A REPLY