Indonesia Punya Fasilitas Pengisian Mobil Listrik Fast Charging Baru

0
fasilitas pengisian mobil listrik
BPPT meresmikan fasilitas pengisian daya mobil listrik di Jakarta

ROCKOMOTIF, Jakarta – Meski belum jelas dengan peraturan mengenai mobil listrik, tapi paling tidak Indonesia sudah punya tempat mengisi ulang baterai mobil listrik. Ya, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Republik Indonesia (BPPT RI) baru saja meresmikan stasiun pengisian daya kendaraan listrik di Indonesia.

Tepatnya pada Rabu 5 Desember 2018, BPPT RI lakukan peresmian fasilitas pengisian daya (charging station) untuk kendaraan listrik di Gedung BPPT RI di Jakarta dan Serpong. BPPT RI meresmikan fasilitas pengisian daya kendaraan listrik dengan spesifikasi model CHADEMO-CCS-Kabel Tipe 2, berkapasitas 50 kW dengan durasi pengisian tercepat 30 menit.

Sementara itu sebagai produsen mobil listrik, Mitsubishi Motors melalui PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ikut berperan serta dalam acara peresmian ini. Ada dua mobil Mitsubishi yang menjadi model kendaraan dalam demonstrasi pengisian di charging station ini.

Mitsubishi i-MiEV dan Mitsubishi Outlander PHEV keduanya merupakan mobil Mitsubishi yang sudah memiliki motor listrik sebagai penggerak. Kedua model ini jadi contoh bersama dengan bus listrik, sepeda motor listrik, sepeda listrik dan model kendaraan listrik lainnya.

Baca juga: Ketika Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport Disatukan Jadi Mobil Pickup
Mitsubishi i-MIEV jadi model pengisian daya mobil listrik oleh BPPT

Ogi Ikematsu, Director of Coordination & Development Division PT MMKSI menyampaikan bahwa Mitsubishi Motors sangat mengapresiasi dan menyambut positif langkah BPPT dan Pemerintah Republik Indonesia dalam proses transisi dan percepatan pengembangan dan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

“Mitsubishi Motors turut berpertisipasi dalam proses sosialisasi dan studi bersama terkait pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Dengan mendonasikan 2 kendaraan listrik Mitsubishi i-MiEV dan 8 kendaraan Outlander PHEV. Serta 4 unit fasilitas pengisian daya cepat kepada pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian RI. Di mana Mitsubishi i-MiEV sebagai salah satu kendaraan tersebut diterima oleh BPPT dan berpartisipasi dalam acara ini” lanjutnya.

Baca juga: Gaikindo: Mobil Listrik Itu Belum Sepenuhnya Ramah Lingkungan

Nantinya mobil-mobil ini akan disertakan dalam serangkaian studi pemodelan tentang bagaimana infrastruktur transportasi yang ada di Indonesia untuk kendaraan listrik. Termasuk menilai penggunaan kendaraan listrik di berbagai lingkungan, termasuk kota, kawasan wisata dan pulau terpencil.

Rangkaian peresmian fasilitas pengisian daya cepat yang dilakukan BPPT dilanjutkan dengan road trip kendaraan listrik. Dengan melibatkan peserta yang merupakan pengguna kendaraan listrik dan juga brand otomotif produsen kendaraan listrik. Rutenya adalah dari Thamrin menuju fasilitas pengisian daya kendaraan listrik yang terletak di gedung B2TKE-BPPT di Serpong, Tangerang.

LEAVE A REPLY