Polri Ajak Masyarakat Tertib Lalu Lintas Lewat Pameran Road Safety

0
pameran road safety
Pmaeran Road Safety ini merupakan bentuk upaya menanamkan budaya tertib berlalu lintas

ROCKOMOTIF, Jakarta – Tertib dalam berlalu lintas adalah tanggung jawab bersama karena merupakan cermin budaya bangsa. Perkembangan satu wilayah juga sangat berpengaruh pada meningkatnya permasalahan lalu lintas.

Untuk itu, kondisi lalu lintas harus selalu dalam keadaan aman, selamat, tertib dan lancar agar perkembangan berjalan dengan baik tanpa menimbulkan permasalahan khususnya bidang lalu lintas dan angkutan jalan.

Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah salah satu instansi yang juga melaksanakan fungsi lalu lintas. Sebagai bagian dari Polri, Korps Lalu Lintas mengemban tugas pokok dan fungsi membina dan menyelenggarakan fungsi lalu lintas. Meliputi Keamanan dan Keselamatan, Penegakkan Hukum, serta Registrasi dan Identifikasi pengemudi dan kendaraan bermotor.

Salah satu bentuk upaya menanamkan budaya tertib berlalu lintas, Ditkamsel Korlantas Polri menggelar Pameran bertajuk Road Safety Zero Accident dibeberapa pusat perbelanjaan atau mall. Pameran ini merupakan kampanye yang mensosialisasikan tentang keselamatan berlalu lintas, agar tumbuh kesadaran masyarakat untuk selalu taat peraturan lalu lintas demi terwujud lau lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar.

Salah satu bentuk tertib lalu lintas adalah dengan memiliki SIM
Baca juga: Polisi Sita Belasan Ribu SIM dan STNK Dari Pelanggaran Lalu Lintas

Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si mengatakan bahwa kegiatan pameran ini memang sengaja dilaksanakan pada pusat perbelanjaan.

“Salah satu kampanye Road Safety Zero Accident adalah dengan pelaksanaan Pameran. Dan Pameran ini memang digelar di pusat perbelanjaan karena memang memiliki target menyentuh langsung dengan masyarat,” ujar Chryshnanda.

Tujuan pameran yang ini memang membangkitkan kesadaran masyarakat khususnya pengguna jalan untuk mengutamakan keselamatan berlalu lintas, dengan mematuhi peraturan lalu lintas. Karena sesuai data, bahwa kecelakaan lalu lintas diawali dengan perilaku pengemudi kendaraan yang tidak patuh pada peraturan.

Baca juga: Awas Telat Bayar Denda Tilang Elektronik, STNK Bisa Diblokir

“Ya kami memang agendakan rutin kegiatan seperti ini, tujuannya adalah terus memberi pemahaman kepada masyarakat betapa pentingnya kita untuk taat peraturan lalu lintas. Dan kesadaran akan hal itu harus tumbuh dari masing-masing individu tanpa terkecuali. Jika saja seluruh pengguna jalan mematuhi peraturan lalu lintas, maka ini akan menekan angka kecelakaan dan mengurangi fatalitas kecelakaan lalu lintas,” tutup Chryshnanda.

Pada pameran ini, memang ditampilkan berbagai contoh kecelakaan lalu lintas yang juga berakibat fatal. Ada juga testimoni para korban kecelakaan lalu lintas, serta setiap hal yang harus diperhatikan sebelum kita berkendara dan ketika kita berkendara.

Kegiatan pameran ini direspon baik oleh masyarakat, dilihat dari banyak yang berkunjung dan melakukan tanya jawab seputar lalu lintas. Selain itu, pameran ini juga di isi dengan berbagai acara hiburan yang bernuansa keselamatan berlalu lintas.

LEAVE A REPLY