Aturan Ganjil-Genap Ternyata Tak Mempengaruhi Penjualan Mobil Bekas

0
harga mobil bekas
Harga mobil bekas di pusat lelang turun Rp 10 sampai Rp 15 juta

ROCKOMOTIF, Jakarta – Kebijakan pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil-genap di DKI Jakarta, tidak mempengaruhi penjualan mobil bekas (mobkas). Khususnya buat mobil88 yang memiliki beberapa diler di Jakarta dan sekitarnya ini.

Hasil penjualan mobkas di mobil88 selama aturan ganjil-genap diberlakukan sejak 2016, tidak berdampak signifikan. Menurut penjelasan Halomoan Fischer Lumbantouran, Presiden Direktur mobil88, karena sebagian besar konsumen mobkas melakukan pembelian dengan cara kredit.

“Paling banyak juga di segmen menengah ke bawah, kalau mereka kredit terus beli lagi mobil buat ganjil-genap, apakah sanggup. Lagi pula proses kreditnya juga akan lebih sulit karena mobil yang satunya lagi belum lunas,” tutur Fischer di Jakarta Selatan belum lama ini.

Baca juga: Pamor Avanza Makin Redup Bahkan Ke Penjualan Mobil Bekas

Fischer melanjutkan, kecuali konsumen tersebut berada di segmen menengah ke atas, sebagai contoh pengguna sport utility vehicle (SUV) medium hingga multi purpose vehicle (MPV) mewah. Secara kemampuan finansial pun lebih mendukung untuk membeli mobil lagi.

“Kalau yang sudah pakai Fortuner atau Alphard sudah pasti mereka tidak mau sehari naik mobil, sehari naik motor jadi alternatifnya beli mobil bekas yang di bawah mobil yang dia punya saat itu,” ungkap Fischer.

Bukan hanya mobil88, sejumlah pedagang lain di bursa mobil bekas juga merasakan hal itu. Konsumennya selama ini sekitar 70 persen membeli mobkas dengan kredit, dan itu pun berada di segmen mobil city car hingga LSUV.

Secara notabene, kempuan finansial untuk membeli mobil lain peluangnya begitu kecil. “Jadi sama sekali tidak berpengaruh, sama saja penjualan setiap bulannya,” tutur Ricko salah satu pedagang mobkas di kawasan Jakarta Selatan.

LEAVE A REPLY