Ini Rahasia Alex Rins Saat Libas Marquez di Tikungan Terakhir

0
alex rins motogp silverstone

ROCKOMOTIF, Jakarta – Pembalap MotoGP Suzuki Alex Rins sukses pecundangi pimpinan klasemen MotoGP Marc Marquez di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (25/8). Perjuangan Alex Rins sendiri patut diberikan apresiasi, di mana ia berhasil mengadu nyali untuk menyalip Marquez benar-benar di ujung tikungan terakhir.

Hasilnya, pembalap tim Suzuki Ecstar MotoGP ini berhasil unggul tipis hanya 0,013 detik di depan Marquez. Bisa dibilang hanya selisih setengah ban depan saja antara Rins dan Marquez.

“Hari ini luar biasa. Saya menang di Austin, mengalahkan Valentino. Dan sekarang saya menang di sini, mengalahkan Marc. Orang-orang ini sangat cepat dan merupakan ‘legenda’ di MotoGP,” ujar Rins.

Baca juga: MotoGP Silverstone 2019: Lagi-Lagi Marquez Dipecundangi di Tikungan Terakhir

Aksinya di atas Suzuki GSX-RR yang melakukan overtaking jelang garis finish dinilai sangat berani dan jarang terjadi di gelaran MotoGP. Sementara Marquez sendiri sudah pernah merasakan disalip di tikungan akhir oleh Andrea Dovizioso pada GP Austria 2019.

Rins sendiri bisa dibilang memulai balap dengan posisi start yang kurang menguntungkan. Namun strategi dan konsistensi apik terus dilakukan oleh Alex Rins hingga menjelang 1/3 akhir balapan. Kondisi Suzuki GSX-RR bernomor 42 itu pun melaju tanpa mengendur sedikit pun.

Kematangan dan kepresisian Alex Rins dalam menaklukan batasan dibuktikan dengan cara menyisihkan para pebalap papan atas lewat permainan yang bersih di sirkuit Silverstone.

Detik-detik terakhir jelang garis finish, Alex Rins melakukan aksi overtaking dramatis yang dinanti-nanti hingga sanggup membuat fans bersorak gembira. Aksinya tersebut juga menjadi suatu kejutan yang tak diprediksi oleh lawannya.

Baca juga: Suzuki Belum Berani Untuk Jual Dua Motor Barunya, Ini Sebabnya

“Saya tahu akan sulit untuk mengalahkan Marc hari ini, tetapi saya benar-benar ingin mencoba, dan itu luar biasa untuk melakukannya. Dalam beberapa sektor ia lebih cepat daripada saya, tetapi saya bisa menebusnya di beberapa sektor lain,” bebernya.

Rins juga mengatakan jika menjelang akhir perlombaan dirinya merasa memiliki kecepatan yang lebih baik daripada Marquez. “Saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus mengejar dan mengambil kesempatan, saya melihat peluang dan saya mewujudkannya. Terima kasih banyak untuk semua orang di tim!”.

Tercatat, Alex Rins berada di posisi pertama saat bendera dikibarkan dengan catatan waktu 40’12.799. Berkat usahanya meraih poin tertinggi di Silverstone, kini Alex Rins menambah total poin sehingga berada di posisi pebalap ke-3 secara keseluruhan MotoGP musim 2019.

Podium 1 kali kedua di musim MotoGP 2019 ini menjadi buah kebahagiaan tidak hanya bagi Alex Rins, namun juga untuk Team Suzuki Ecstar MotoGP dan seluruh fans Suzuki di dunia. Pengembangan yang dilakukan para ahli di Suzuki kepada GSX-RR memperoleh titik terbaik untuk saat ini, dan akan terus ditingkatkan lebih jauh lagi untuk seri-seri lainnya.

LEAVE A REPLY