Lesu Peminat, Tampilan Toyota Sienta Direvisi Biar Laku

0
tampang toyota sienta direvisi

ROCKOMOTIF, Jakarta – Lesunya peminat Toyota Sienta tampaknya membuat PT Toyota Astra Motor (TAM) harus merevisi tampilannya. Paling tidak ada sedikit penyegaran sehingga mampu memikat calon konsumennya.

Padahal tidak banyak yang bilang mobil apapun kalau lambangnya Toyota pasti laku, ternyata tidak berlaku bagi Sienta. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Sienta awalnya sukses. Tapi kemudian perlahan terus menukik turun, dari puluhan ribu unit per tahun hingga hanya ratusan unit.

Selama tujuh bulan pertama di 2019, penjualan Sienta hanya 412 unit atau cuma 58 unit per bulan. Padahal di tahun pertama meluncur Sienta terjual hampir 3 ribu unit per bulan.

Untuk mengakalinya, TAM pun memberikan penyegaran meskipun hanya minimalis saja. Ada dua sektor yang diubah pada Sienta, yaitu di eksterior dan interior.

Baca juga: Baru Berdiri, Komunitas Toyota Sienta Mau Turing Tiga Negara

Tampang Sienta kini lebih sedikit krom dan tidak lagi menggambarkan seperti wajah sedih. Berkat desain baru ada pada gril, bumper, dan bingkai lampu kabut yang kombinasi semuanya menampilkan maskulinitas.

“Improvement kami lakukan berdasarkan masukan dari konsumen yang kebutuhannya terus berkembang. Konsumen setia kami menginginkan penampilan Sienta yang lebih sporty dan stylish sehingga tampil sebagai kendaraan yang tidak hanya dapat mengakomodasi segala jenis kegiatan, terutama kegiatan perkotaan dengan teman atau keluarga tapi juga mampu tampil lebih menarik,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Di bagian dalam, kini terdapat sandaran tangan baik di bangku depan (CVT) maupun belakang agar pengemudi dan penumpang menjadi lebih nyaman untuk varian V dan Q. Untuk memberi penyegaran pada interior, semua varian Sienta tampil dalam warna hitam dan kursi warna Burgundy untuk varian V dan Q dan warna hitam pada varian G.

Untuk fitur keamanan (safety) tidak ada perubahan, tetap mempertahankan spesifikasi bintang lima Asean NCAP untuk varian dengan Vehicle Stability Control (VSC). Semua varian Sienta dilengkapi 3 airbag, ABS dengan Electronic Brake Distribution dan Brake Assist, Pre-tensioner Seatbelt with Force Limiter, Parking Sensor, GOA Body, serta Head Impact Mitigating Structure.

Baca juga: Mimpi Buruk Toyota Team Indonesia di ISSOM Night Race 2019

Khusus untuk varian Q, fitur keselamatannya juga dilengkapi Hill Start Assit (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC).

Adanya penyegaran ini tapi TAM tidak memberikan harga baru untuk Sienta. Ya, Toyota Sienta facelift ini masih menggunakan banderol lama.

“Improvement ini mempertimbangkan masukan dari pelanggan baik yang sudah menggunakan Sienta, maupun yang berencana untuk memiliki dalam waktu dekat. Selain itu, value dari model ini pun akan kita pertahankan, salah satunya kita pastikan level harganya pun akan sama,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto.

Daftar harga Sienta September 2019:

E M/T Rp237,05 juta
G M/T Rp249,05 juta
E CVT Rp255,05 juta
V M/T Rp264,05 juta
G CVT Rp267,05 juta
V CVT Rp282,05 juta
Q CVT Rp302,85 juta

LEAVE A REPLY