Indonesia Diecast Expo (IDE) ke 6 Jadi Tempat Berburu Diecast Langka

0
berburu diecast langka di indonesia diecast expo

ROCKOMOTIF, Jakarta – Ajang Indonesia Diecast Expo (IDE) 2019 siap diselenggarakan pada akhir bulan ini. IDE ke 6 ini tampaknya akan menjadi ajang berburu diecast langka yang sering dicari oleh para kolektor mainan ini.

IDE tahun ini akan diselenggarakan pada 26 – 27 Oktober 2019 mendatang. Lebih istimewa lagi, ajang IDE 2019 yang akan dilangsungkan di Hall 3A, ICE, BSD City, Tangerang.

“Tahun keenam penyelengaraan IDE merupakan salah satu pembuktian bahwa dunia diecast di Indonesia tidak dapat dianggap remeh,” ujar Feldani Effendy, selaku Public Relations dari IDE 2019.

mooneyes diecast

Menurut Feldani, sejak pertama kali diselengarakan pada tahun 2014, total transaksi yang terjadi terus menunjukkan trend yang meningkat. Selain itu jumlah pengunjung setiap tahunnya juga selalu mengalami peningkatan. Mulai dari 10.742 pengunjung di 2014 hingga 13.335 orang pengunjung di tahun 2018.

Baca juga: Indonesia Diecast Expo 2019 Dihadiri Desainer Hot Wheels

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, ajang IDE menjadi saat yang tepat untuk berburu koleksi diecast langka yang memiliki nilai investasi istimewa. Pada pelaksanaan IDE tahun-tahun sebelumnya, diecast edisi khusus yang kerap disebut event car selalu terjual habis. Bahkan untuk edisi dengan nomor urut spesial dapat terjual dengan nilai yang fantastis.

mainan diecast

Tahun ini, pada The 6th IDE 2019 event car yang akan tersedia adalah customized Hot Wheels 1990 Honda Civic EF, Volkswagen Drag Bus, Nissan Skyline 2000 GT-R, dan Morris Mini, yang pada beberapa nomor khusus memiliki detail kustom special buatan tangan (handmade).

“Event car IDE 2019 ini bisa dibilang ‘Amazing’ sebagaimana tema acara tahun ini,” ujar Feldani.

Karena pada beberapa event car dengan nomor cantik, bagian detail kustomnya betul-betul dibuat secara khusus dan handmade oleh salah seorang customizer diecast terkemuka di Indonesia. Hal ini jelas memberikan nilai investasi istimewa bagi mereka yang beruntung dapat memilikinya.

Baca juga: Beli Diecast Datsun Wagon Langsung Sama Desainernya Jun Imai

“Tak hanya itu, dalam tiga tahun terakhir ajang IDE juga dihadiri oleh bintang tamu internasional seperti Hell’s Dept dari Jepang pada tahun 2016. Serta dua diecaster internasional asal Amerika Serikat yaitu Chris Strangler pada tahun 2017, dan Jun Imai pada 2018,” tambahnya.

IDE 2019 tak sekadar menampilkan koleksi diecast, tetapi akan juga tampil mobil-mobil skala 1:1, lomba balap diecast, lomba custom diecast yang istimewa. Hingga ke acara eksklusif dengan para diecaster terkemuka internasional, di antaranya Brendon Vetuskey, Christian Coujin, dan Jun Imai.

Setiap tahunnya IDE pun selalu mengadakan kegiatan makan malam ekslusif. Di mana acara ini kemungkinan bisa menjadi langkah awal untuk menghadirkan ajang bergengsi tingkat dunia yaitu Hotwheels Collector Convention di Indonesia.

LEAVE A REPLY