SUV Rp 200 Jutaan Raih Bintang 5 Uji Tabrak di Jepang

0
uji tabrak suv rp 200 jutaan
Daihatsu Rocky mendapat rating tertinggi dari JNCAP (Foto/Autocarindia.com)

ROCKOMOTIF, Tokyo – Hasil uji tabrak menjadi penting dalam penjualan sebuah mobil karena jika meraih bintang 5 atau angka maksimal berarti mobil ini aman bagi pengemudi dan penumpangnya. Itu yang ditunjukkan oleh pabrikan Jepang dengan Daihatsu Rocky, SUV seharga Rp 200 jutaan itu berhasil meraih rating tertinggi bintang 5 dalam uji keselamatan JNCAP (Japan New Car Assessment Program).

JNCAP sendiri merupakan tolak ukur keselamatan kendaraan di Jepang yang dikeluarkan oleh Kementerian Transportasi Jepang dan NASVA (National Agency for Automotive Safety & Victims’ Aid).

Evaluasi JNCAP ini dilakukan dengan mempertimbangkan kasus aktual dan karakteristik kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jepang. Tiga aspek utama yang dievaluasi meliputi perlindungan terhadap penumpang, perlindungan bagi pejalan kaki, dan pengingat sabuk pengaman.

Daihatsu Rocky merupakan SUV terbaru Daihatsu yang hadir perdana saat ajang Tokyo Motor Show pada November 2019 lalu. SUV kompak ini berbagi platform dengan Toyota Raize yang digadang-gadang akan dijual di Indonesia.

Baca juga: Penjualan Daihatsu Rontok Separuh Dihajar Corona

Daihatsu Rocky menggunakan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Serta memiliki teknologi keamanan terkini untuk menghindari tabrakan seperti Smart Assist System, membuat Rocky meraih rating tertinggi bintang 5.

Selain itu, Rocky juga memiliki desain yang tangguh, kabin interior luas, kemampuan manuver yang handal, sehingga mobil ini cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Dengan hasil Rocky ini, Daihatsu telah mendapat rating bintang 5 sebagai mobil teraman untuk kedua kalinya. Sebelumnya mobil kompak Daihatsu Boon telah meraih rating serupa pada 2016 lalu.

Saat ini Daihatsu baru memasarkan Rocky untuk pasar Jepang saja dan tersedia dalam dua tipe yaitu penggerak roda depan (tipe FF) dan penggerak empat roda (tipe 4WD). Masing-masing tipe ini punya empat varian, yaitu tipe L, X, G, dan Premium.

Belum dipastikan kapan Daihatsu Rocky dan juga kembarannya Toyota Raize akan dipasarkan di Indonesia. Pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) sendiri mengatakan jika tahun ini tidak akan ada produk baru untuk Indonesia. Tapi jika ini terjadi maka ini menjadi mobil kembar kesekian kalinya antara Daihatsu dan Toyota di Tanah Air.

Daftar harga Daihatsu Rocky di Jepang:

Daihatsu Rocky FF
Tipe L: 1.705.000 yen atau setara Rp 220 jutaan
Tipe X: 1.848.000 yen atau setara Rp 238 jutaan
Tipe G: 2.002.000 yen atau setara Rp 258 jutaan
Tipe Premium: 2.200.000 yen atau setara Rp 284 jutaan

Daihatsu Rocky 4WD
Tipe L: 1.944.800 yen atau setara Rp 251 jutaan
Tipe X: 2.086.700 yen atau setara Rp 269 jutaan
Tipe G: 2.224.400 yen atau setara Rp 287 jutaan
Tipe Premium: 2.422.200 yen atau setara Rp 313 jutaan

LEAVE A REPLY