Honda City Hatchback Segera Mengaspal di Indonesia Tanpa Mesin Turbo

0
honda city hatchback turbo

ROCKOMOTIF, Jakarta – Rumors kehadiran Honda City Hatchback di Indonesia perlahan mulai jelas. Terhitung sejak Senin 4 Januari 2021, sudah terdaftar di Samsat PKB Online DKI Jakarta.

Dalam situs tersebut terlihat Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) untuk jenis Sedan dari merek Honda. Tercantum pada nomor 9 dan 10 terdapat City Hatchback (HB) bermesin 1.5L dengan nilai jual Rp 221 juta (tipe RS CVT) dan Rp 213 juta (tipe RS MT).

Jika merujuk pada situs tersebut, City Hatchback yang bakal dijual di Indonesia akan mengusung mesin 1.500 cc, bukan 1.000 cc turbo. Ya, tampaknya Indonesia bukan pasar dari mesin kecil dengan turbo.

Padahal jika dilihat spesifikasinya, Honda City Hatchback dengan mesin 1.0 liter turbo ini punya tenaga yang mumpuni. Memang mesinnya tiga silinder, tapi mesin DOHC VTEC Turbo ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 122 PS pada 5.500 rpm. Sementara torsi maksimumnya 173 Nm pada 2.000 hingga 4.500 rpm.

Baca juga: Pertama di Dunia, Honda City Hatchback Turbo Meluncur di Thailand

Jika dilihat memang spesifikasi tenaganya mirip dengan mesin 1.500cc yang juga sudah DOHC. Mungkin Honda Prospect Motor masih enggan memasukkan mesin tiga silinder ini ke Tanah Air.

Sebelumnya, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan bahwa sedang melakukan studi untuk membawa dan menjual City hatchback di Indonesia.

“Untuk posisinya menggantikan Honda Jazz atau tidak belum bisa kami pastikan. Butuh studi lebih lanjut lagi soal itu,” ungkap Yusak beberapa waktu lalu di Jakarta.

Bukan tidak mungkin, jika penerimaan pasar cukup baik maka City Hatchback ini akan menggantikan generasi Honda Jazz ke depannya.

LEAVE A REPLY