Bayar Tol Nantinya Tidak Perlu Berhenti di Gerbang Tol

0
jalan tol baru

ROCKOMOTIF, Jakarta – Untuk pengguna jalan tol, pemerintah sudah merencanakan untuk memudahkan transaksi di Gerbang Tol tanpa harus melakukan berhenti. Sistem ini akan mengadopsi sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) sehingga pengguna jalan tol hanya perlu melintas dalam kondisi kecepatan tertentu.

Adapun metode yang akan digunakan oleh Jasa Marga adalah menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS). Dalam menerapkan teknologi pembayaran tanpa sentuh ini, Roatex akan menggandeng beberapa stakeholder seperti PT Jasa Marga (Persero) dan PT Telkom Indonesia (Persero).

“Jasa Marga merupakan badan usaha jalan tol (BUJT) sebagai pemegang konsesi jalan tol terpanjang di Indonesia dan punya pengalaman mengoperasikan jalan tol lebih dari empat dekade. Sementara Telkom, memiliki jaringan luas di wilayah operasi kita,” ujar Chief Representative Roatex Ltd Zrt Musfihin Dahlan.

Baca juga: Catat, Tarif Baru Tol BORR Berlaku 30 Januari 2021

Sebelum teknologi pembayaran tanpa sentuh ini, pemerintah juga memiliki beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan. Salah satunya adalah dengan melakukan pendaftaran terhadap setiap unit kendaraan yang beredar. Hal ini dikarenakan register kendaraan tersebut berfungsi sebagai identifikasi saat mobil tersebut melakukan pembayaran tol.

Mengenai ruas tol mana yang akan diterapkan lebih dulu dalam pengoperasiannya, pemerintah ataupun pengelola jalan tol belum memberikan rincian langsungnya. Dengan adanya teknologi ini, kemudahan akan semakin dikedepankan oleh pengelola jalan tol untuk menambah kenyamanan pengguna jalan tol.

LEAVE A REPLY