Motor Listrik Sport Besutan Budi Luhur, Jalani Uji Coba di Sentul

0
motor listrik BL-SEV01

ROCKOMOTIF, Jakarta – Pasca peluncuran motor listrik sport BL-SEV01 beberapa waktu lalu, Budi Luhur, sebagai pembuat motor listrik ini melakukan uji coba pertama kalinya di atas lintasan Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Tes yang dilakukan pada akhir pekan kemarin (14/02/2021), sekaligus untuk membuktikan sejauh mana performa yang mampu dihasilkan oleh motor sport listrik ini.

Dalam tes ini, motor listrik BL-SEV01 dikendarai oleh pembalap muda yang juga sekaligus alumni Budi Luhur, Galih Aji Prakoso. Portofolio yang dimiliki oleh Galih Aji Prakoso ini juga tidak main-main karena sudah beberapa kali turun di ajang balap nasional. Mulai dari Indospeed Race Series, Indoclub Championship, dan beberapa ajang balap lagi.

“Ini merupakan pengujian pertama motor listrik BL-SEV01 di lintasan Sirkuit Sentul dengan menggandeng pembalap profesional sebagai tester rider. Nantinya test rider Universitas Budi Luhur akan memberikan masukan mengenai performa dan handling motor listrik. Setelah mendapatkan masukan dan data performa usai uji coba perdana ini, baru kami evaluasi kembali BL-SEV01. Baru disempurnakan kembali di Lab Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur,” ungkap Kepala Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono.

Baca juga: Alasan Budi Luhur Luncurkan Motor Listrik Berkonsep Sportbike

Jika melihat spesifikasi yang diusung, BL-SEV01, hadir dengan motor listrik BLDC bertenaga 96 volt dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 16 kW. Didukung dengan baterai 48 Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Pada tes perdana ini, hasil yang ditorehkan cukup baik karena mampu menyelesaikan top speed hingga 100 kilometer per jam.

Meski sudah memberikan hasil yang maksimal, namun tes perdana motor listrik sport ini belum berjalan mulus. Pasalnya, saat memasuki tikungan S kecil, motor ini mengalami sedikit masalah dan terpaksa harus masuk ke dalam paddock lagi.

“Setelah BL-SEV01 dievaluasi dengan tim, ternyata permasalahan di gear set depan pada rantai yang giginya kalah habis karena di tes maksimum di lintasan Sirkuit. Tetapi bersyukur motor listrik dan baterai tidak mengalami masalah dan dalam keadaan normal. Pengetesan pertama ini kami akhiri dahulu nanti kita evaluasi dan lanjutkan pengetesan kedua di Sirkuit Sentul kembali,” tambah Jono.

LEAVE A REPLY