Mobil Mesin 2.500 cc Berpotensi Dapat Insentif PPnBM, Ini Bocorannya

0
Toyota fortuner facelift

ROCKOMOTIF, Jakarta – Usai mobil berkapasitas mesin 1.500 cc ke bawah, kini pemerintah sedang mempertimbangkan untuk memberikan insentif pajak PPnBM untuk mobil berjantung pacu 2.500 cc.

Namun kebijakan ini tetap berlaku dengan ketentuan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKD) minimal 70 persen. Sama dengan yang sudah berjalan untuk mobil 1.500 cc ke bawah.

“Kami dapat arahan dari Presiden, kalau permintaan yang tinggi di atas 1.500 cc asalkan TKDN-nya 70 persen, mungkin bisa kita pertimbangkan,” jelas Sri Mulyani, seperti dilansir dari Youtube XI DPR RI Channel.

Baca juga: Rencana PPnBM Nol Persen Diperluas, Fortuner dan Innova Bisa Dapat

Tapi, jika mengacu pada aturan tersebut tidak banyak mobil bermesin 2.500 cc yang akan mendapatkan insentif tersebut. Jika dilihat hanya dua model, yaitu Toyota Fortuner dan Kijang Innova.

Sementara untuk Mitsubishi Pajero Sport, meskipun sudah diproduksi lokal di pabrik Mitsubishi di Cikarang tapi sepertinya TKDN-nya belum sampai di angka 70 persen.

Sejauh ini dikabarkan penerimaan atas relaksasi tersebut berjalan positif. Bahkan hasil penjualan mobil baru untuk kelas mesin 1.500 cc meningkat.

“Saat ini sedang dilakukan pengkajian dengan tetap bersandar pada patokan TKDN 70 persen. Apabila memungkinkan maka bisa mendapatkan insentif PPnBM itu,” tutup Sri Mulyani. (Ana)

LEAVE A REPLY