Makin Banyak Pilihan, Mini Jual Mobil Listrik Seharga Nyaris Rp 1 Miliar

0
mobil listrik mini electric

ROCKOMOTIF, Jakarta – Setelah Wuling memamerkan mobil listrik mungilnya yaitu Wuling EV, kini semakin banyak pilihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin beralih ke kendaraan tanpa emisi. Pasalnya Mini juga baru saja merilis Mini Electric untuk pasar Indonesia dan ditawarkan dengan harga fantastis, nyaris Rp 1 miliar.

Brand ikonik asal Inggris ini menawarkan pengalaman berkendara ala gokart namun tanpa sedikitpun mengeluarkan emisi. Wujud mobil listrik Mini Electric ini hadir dalam model Mini 3 Door, di mana dimensi, desain, ruang, dan interiornya diambil dari kendaraan bertenaga konvensional, yang pengembangannya telah memperhitungkan perluasan model berkisar untuk menyertakan versi bertenaga listrik.

Dengan hadirnya Mini Electric, sekali lagi Mini menjadi pelopor dalam mobilitas perkotaan. Mini Electric membuka jalan menuju pengalaman berkendara yang berkelanjutan dan tetap tawarkan desain yang unik khas Mini serta tegaskan komitmen BMW Group Indonesia untuk menjadikan tahun 2022 sebagai The Year of E-Mobility,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

mini electric

Baca juga: London Electric Car Tawarkan Konversi MINI Klasik Menjadi Mobil Listrik

Baterai dari Mini Electric merupakan baterai tegangan tinggi dengan konfigurasi model khusus terdiri dari sel lithium-ion yang dibagi menjadi 12 modul. Pada akhirnya membentuk unit berbentuk T yang diposisikan di dasar kendaraan, dan berikan energi sebesar 28.9 kWh (kapasitas bersih).

Dengan penggunaan motor listrik yang jauh lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin pembakaran konvensional, terdapat distribusi beban yang luar biasa dari Mini Electric. Kendaraan ini memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah dibandingkan dengan Mini 3 Door – dengan kata lain, model bertenaga listrik ini tawarkan handling yang lebih gesit.

Selain Mini Electric, Mini Indonesia juga menghadirkan varian Mini Electric Collection dengan aksen desain istimewa dan fitur peralatan baru. Mini Electric Collection gabungkan visual yang dikembangkan untuk edisi terbaru Mini, seperti desain front-end dan Multitone Roof, serta fitur desain eksklusif di eksterior dan interior serta detail equipment berkualitas tinggi.

Mini Electric dapat diisi daya baik di rumah atau di fasilitas pengisian daya umum. Status proses pengisian dapat dilihat di bagian dalam tutup pengisian.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengisi daya MINI Electric. Type 2 dengan MINI Wallbox di rumah ataupun pengisian umum seperti di mall, café, hotel, dsb dengan daya pengisian hingga 11kW membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi 80% daya kendaraan. Kemudian menggunakan travel charger dengan daya pengisian 2,3kW membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk mengisi 80% daya kendaraan. Sementara DC atau fast charging dengan daya pengisian hingga 50kW membutuhkan waktu sekitar 36 menit untuk mengisi 80% daya kendaraan.

mini electric

Baca juga: Mini Rilis Delapan Varian Terbaru, Fiturnya Semakin Lengkap

Mini Electric ditawarkan dalam satu mesin dan varian transmisi dengan ukuran baterai. Fitur gandar depan 135kW (184hp) motor listrik dan baterai dengan kapasitas 28,9kWh nett (32,6kWh gross). Dayanya setara dengan Mini 3 Door mesin konvensional. Bobot yang lebih berat sekitar 150 kg, Mini Electric memiliki pusat gravitasi lebih rendah. Mini Electric dapat mencapai kecepatan maksimum 150 km/jam dan jarak tempuh hingga 232 km.

“Banyak fitur baru dan pengalaman istimewa yang hanya bisa didapatkan dari sebuah kendaraan full listrik, seperti penyaluran tenaga yang spontan dari motor listrik, dan pengalaman berkendara dengan torsi penuh, 0-100 km/jam dalam 7,3 detik – tanpa jeda dan tanpa gangguan perpindahan gigi. Dinamis namun lembut, Mini Electric tawarkan pengalaman berkendara yang benar-benar baru, sebuah representasi sempurna dari berkendara go-kart khas Mini dengan sentuhan Sustainability dan menjawab kebutuhan kaum urban muda modern,” ujar Kidd Yam, Head of MINI Asia.

Mini Electric dan Mini Electric Collection masing-masing ditawarkan dengan harga Rp 945.000.000,- off-the-road dan 955.000.000,- off-the-road. Harga ini sudah termasuk MINI wallbox, kabel untuk public charging, serta travel charger, termasuk biaya pemasangannya.

LEAVE A REPLY