DFSK Gelora E Jadi Mobil Ambulans Pertama di Indonesia

0
Ambulans listrik pertama Indonesia
DFSK Gelora E disulap jadi mobil ambulans listrik pertama Indonesia

ROCKOMOTIF, Jakarta – Tren elektrifikasi di Indonesia tidak hanya diperuntukkan untuk kendaraan penumpang dan niaga, tetapi ambulans listrik pertama Indonesia juga menggunakan mobil listrik sebagai armadanya.

Momen tersebut dihadirkan oleh PT Sokoindo Automobile untuk menampilkan kendaraan tersebut dalam gelaran Hospital Expo yang diselenggarakan di JCC pada 19-21 Oktober 2022.

Ambulans listrik pertama Indonesia ini mengambil basis dari DFSK Gelora E yang telah dimodifikasi sedemikian rupa dan menggandeng karosei khusus yakni Cahaya Kurnia Mandiri (CKM). Dengan kerjasama tersebut, membuat DFSK yakin akan kualitas yang dihasilkan.

Hal ini juga diungkapkan oleh Achmad Rofiqi, selaku Marketing Head PT Sokonindo Automobile, di mana kehadiran kendaraan tersebut sebagai komitmen DFSK untuk mendukung transisi menuju zero emission.

“DFSK Gelora E saat ini menjadi ambulans listrik pertama Indonesia dan satu-satunya, untuk mendukung transisi menuju zero emission. DFSK siap membantu mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik dengan menyediakan sejumlah teknologi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan,” jelas Achmad Rofiqi.

Ambulans listrik pertama Indonesia
DFSK Gelora E disulap jadi mobil ambulans listrik pertama Indonesia

Kehadiran kendaraan tersebut juga akan beroperasi sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Ketiga kendaraan tersebut akan difungsikan sebagai kendaraan gawat darurat, kendaraan transportasi, dan kendaraan jenazah. Hal ini juga mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan.

Penggunaan DFSK Gelora E sebagai ambulans listrik pertama Indonesia juga akan diperuntukkan untuk ketiga jenis fungsi tersebut. Di samping itu, model ini juga didukung dengan pengisian fast charging sebanyak 20-80 persen hanya memerlukan waktu sekitar 80 menit, dengan jarak tempuh hingga 300 kilometer.

Dari segi ukuran, DFSK Gelora E yang menjadi ambulans listrik pertama Indonesia memiliki dimensi 4.500mm x 1.680mm x 2.000mm (PxLxT) yang memberikan kabin ekstra luas dan lapang, serta dipadukan dengan kemampuan berkendara yang bisa diandalkan. kendaraan van ini sangat cocok untuk digunakan sebagai Ambulans.

DFSK Gelora E juga ditunjang dengan efisiensi energi yang tinggi dan mampu mengurangi biaya operasional yang ditimbulkan oleh penggunaan kendaraan. DFSK Gelora E cukup membutuhkan biaya energi sebesar Rp 200 per kilometer, atau setara dengan 1/3 dari biaya operasional kendaraan komersial konvensional.

LEAVE A REPLY