Rimac Nevera, Mobil Listrik Tercepat di Dunia

0
Rimac Nevera jadi mobil listrik tercepat di dunia
Kecepatan Rimac Nevera mampu mencapai 412 kpj

ROCKOMOTIF, Jakarta – Jika mendengar mobil listrik tercepat di dunia, apa yang ada di benak Anda? Tesla? Lucid Air? Buang jauh-jauh brand-brand tersebut.

Pasalnya, kedua brand yang sudah disebutkan tadi bisa dikatakan tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan Rimac, pabrikan otomotif asal Kroasia yang menelurkan Nevera sebagai model paling buas.

Kebolehan mobil listrik tercepat di dunia ini sudah dibuktikan secara langsung saat melakukan pengetesan di Jerman, beberapa waktu lalu. Mengenai kecepatan yang ditorehkan, model ini mampu mengemas 412 kpj!

Tentu untuk mencapai kecepatan maksimum tersebut bukan perkara mudah. Untuk mesin konvensional, mungkin bisa disiasati dengan peningkatan kapasitas mesin atau bored up. Tetapi bagaimana jika ini sebau EV?

Kuncinya ada pada teknologi yang mereka sematkan. Selain dibekali baterai yang besar yakni 120 kWh, resep lainnya yang membuat model ini sebagai mobil listrik tercepat di dunia adalah memanfaatkan berbagai teknologi mulai dari sasis monokok berbahan karbon, sampai penggunaan sistem penggerak empat roda.

Rimac Nevera jadi mobil listrik tercepat di dunia
Kecepatan Rimac Nevera mampu mencapai 412 kpj

Tenaga yang dihasilkan dari baterai tersebut hingga menjadikannya sebagai mobil listrik tercepat di dunia, dari baterai tersebut mampu memproduksi 1.914 tenaga kuda dengan torsi melimpah 2.360 Nm. Berbekal tenaga tersebut, Rimac Nevera dapat melesat dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dengan waktu 1,97 detik!

Selain itu, performa yang mumpuni tersebut juga dihadirkan lewat penggunaan empat motor. Berdasarkan informasi resminya, empat motor tadi terbagi di setiap rodanya. Jadi setiap roda itu telah dibekali dengan satu motor listrik. Bahkan, rodanya sendiri juga telah didesain secara independen sehingga mampu menghasilkan torsi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Adapun teknologi lain yang membuatnya tampil sebagai mobil listrik tercepat di dunia, juga didukung dengan R-ATW (Rimac-Intelligent All Wheel Vectoring System).

Kegunaan dari teknologi tadi adalah menghitung jumlah torsi yang dikerahkan ke setiap roda lebih dari 100 kali per detik untuk mencapai dinamika berkendara yang diinginkan.

Jadi, dengan kehebatan yang kini disematkan pada Rimac Nevera, predikat tersebut kini tidak lagi pantas disematkan untuk Tesla Model S Plaid atau Lucid Air atau yang lainnya ya!

LEAVE A REPLY