Perawatan Motor Pasca Liburan, Perhatikan Hal Ini

0
Perawatan motor habis liburan harus dilakukan oleh pemilik
Perawatan motor habis liburan harus dilakukan oleh pemilik

ROCKOMOTIF, Jakarta – Perawatan motor habis liburan harus dilakukan untuk mengembalikan performa kendaraan kembali prima.

Hal ini harus dilakukan guna memastikan semua komponen yang ada di kendaraan, masih dalam kondisi baik serta dapat bekerja optimal.

Wahyu Budhi, instruktur teknik Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) menjelaskan perihal perawatan motor habis liburan wajib dilakukan untuk keselamatan berkendara.

“Paling mendasar ialah mengecek dan mengganti beragam cairan di motor, mulai dari oli mesin, oli gear untuk matic, cairan coolant, minyak rem dan lainnya. Cairan ini terutama oli adalah mineral penting untuk dikontrol,” ungkapnya singkat.

Seperti diketahui kondisi normal pemakaian oli rata-rata 2.500 KM untuk sekali penggantian, meski banyak oli yang mengklaim dapat bertahan lebih dari jarak tersebut, kondisi pemakaian dan kondisi mesin mewajibkan unsur ini lebih sering dikontrol. Perawatan motor habis liburan dengan kendaraan tipe AT, selain mesin, bagian transmisi juga memerlukan pelumas, dengan harga yang ekonomis di berbagai bengkel resmi Honda tidak salah juga menggantinya sekaligus usai pemakaian liburan akhir tahun.

Cek, Kontrol dan Ganti

Disinggung diatas jarak, cara pakaian, beban dan kondisi mesin, Wahyu beberkan beberapa bagian motor yang perlu dilakukan cek, kontrol atau penggantian.

Ganti
– Oli Mesin.
– Oli Gear untuk tipe matic.

Kontrol
– Pelunasan dan ketegangan rantai untuk motor tipe cub dan sport.
– Shockbreaker untuk mengetahui ada tidaknya kebocoran demi kenyamanan.
– Alur kembang dan tekanan angin ban.
– Kondisi lampu lampu.
– Bagian setang khususnya kestabilan komstir setelah melibas beragam jenis jalan.
– Kanvas rem.
– Body secara keseluruhan untuk mengetahui lecet selama perjalanan jauh
– Bagian CVT untuk tipe AT.
– Kanvas kopling untuk tipe cub dan sport yang bisa dirasakan saat berakselerasi.

Untuk beberapa bagian yang masih bisa diatasi sendiri, Wahyu menyatakan untuk melakukan mandiri dengan oli atau part Honda Genuine Part. Bukan melarang, potensi kerusakan mesin bagian dalam ada baiknya diberikan kepada mekanik sertifikasi Astra Honda Authorized Service Station. (AHASS) yang buka penuh selama seminggu.

“Selain skill dan keaslian part, keuntungan lain mempercayakan perawatan dan perbaikan di AHASS adalah garansi yang menguntungkan konsumen dari potensi kerusakan yang mungkin timbul,” tutup Wahyu Budhi.

LEAVE A REPLY