Haridarma Manoppo Manfaatkan Sesi Latihan untuk Beradaptasi

0
Haridarma Manoppo maksimalkan sesi latihan untuk beradaptasi (TGRI)
Haridarma Manoppo maksimalkan sesi latihan untuk beradaptasi (TGRI)

ROCKOMOTIF, Thailand – Mendapat kesempatan untuk melakukan latihan bebas berbayar sebelum balap GT World Challenge Asia pada Sabtu dan Minggu (13-14/5/2023), Haridarma Manoppo, pembalap Toyota Gazoo Racing Indonesia tidak menyia-nyiakan momen tersebut.

Tentunya, lewat pengenalan trek dan mobil balap saat sesi latihan bebas, akan memberikan nilai lebih untuk mengenal karakter sirkuit serta Toyota GR Supra GT4 yang jadi pacuan balapnya.

“Pas sesi latihan tadi, saya gunakan untuk mengenal track dan memperdalam lagi tentang feeling mobil. Kalau dibilang hafal, memang sudah 100 persen hafal, tapi nafsu yang harus ditahan,” jelas Haridarma Manoppo.

Ia menjelaskan, saat pertama kali menggeber mobil balap tersebut, memang dirinya masih perlu beradaptasi terkait braking point, serta beberapa hal teknis lainnya. Namun, seiring banyaknya jumlah lap yang ia lahap, membuatnya banyak melakukan improvisasi untuk mendapatkan waktu terbaiknya 1 menit 45,2 detik.

Haridarma Manoppo maksimalkan sesi latihan untuk beradaptasi (TGRI)
Haridarma Manoppo maksimalkan sesi latihan untuk beradaptasi (TGRI)

“Jadi memang setelah sharing dengan team mate saya, Seita Nonaka, dan melihat perbandingan data yang ada, saya melihat titik pengereman berbeda. Kalau bicara racing line, saya yakin sudah 90 persen, kenapa enggak 100 persen? Ya karena nafsu tadi, jadi harus dicermati lagi,” tambah Haridarma.

Menurutnya, dengan melakukan perbandingan baik dari data dan video, ini menjadi cara yang paling ampuh. Karena, jika harus belajar seorang diri, hal tersebut akan menjadi lebih sulit lantaran tidak adanya sharing session.

“Sangat membantu, justru dia yang kasih tau. Dan kita komper melalui data dan video. Jadi daripada belajar sendiri, kita pakai data dia dan video dia untuk melakukan sharing,” tukasnya.

Selama dua sesi latihan berbayar yang digelar kemarin (11/5/2023), Haridarma Manoppo, berhasil melahap sebanyak 10 putaran lebih. Hari ini (12/5/2023), rencananya ia akan kembali melakoni sesi latihan resmi untuk kembali beradaptasi dengan karakter mobil serta lintasan sirkuit.

LEAVE A REPLY