Hyundai Stargazer X Punya Opsi Warna Matte, Begini Cara Merawatnya

0
Perawatan warna matte hyundai stargazer x
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Yogyakarta – Senjata baru PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) di mobil keluarga yaitu Hyundai Stargazer X punya opsi warna matte seperti di Ioniq 5 dan Ioniq 6 yang terbaru. Ada dua pilihan warna matte di Stargazer X ini, yaitu Gravity Gold Matte dan Optic White Matte.

Perlu diketahui jika mobil dengan warna matte akan membutuhkan perawatan cat yang berbeda dengan warna metalik.

Hal ini pun dibenarkan oleh HMID, melalui Putra Samiaji General Manager of Aftersales Service Department HMID di sela-sela Media Drive Hyundai Stargazer X yang membagikan cara perawatan bagi cat mobil matte.

Menurut Putra, dalam hal pencucian mobil sebenarnya langkahnya sama seperti mencuci mobil berkelir metalik. Namun untuk warna matte sebaiknya hindari penggunaan sabun dengan kandungan pH tinggi.

Baca juga: Mau Ganti Dasbor Hyundai Stargazer Terbaru, Siapkan Dana Segini

Perawatan warna matte hyundai stargazer x

“Sebelum mencuci biasakan dengan menyiram permukaan mobil dengan air untuk merontokkan kotoran yang ada di bodi mobil. Kemudian perhatikan juga pilihan sabunnya, jangan yang kandungan pH-nya tinggi karena tingkat asamnya juga tinggi,” jelas Putra.

Kemudian cuci permukaan mobil dengan sabun dan bersihkan sisa busa dengan wash pad atau sponge.

Untuk mengeringkan disarankan menggunakan handuk microfiber. Serta tidak dianjurkan untuk menggunakan sikat dengan permukaan kasar ke bodi mobil.

Jika memang memilih untuk mencuci di tempat cuci mobil seperti cuci mobil otomatis pastikan saja pilih yang tempatnya ramai. Untuk memastikan peralatan yang digunakan basah sehingga tidak melukai cat pada bodi mobil.

Selain itu penting juga untuk melakukan kontrol kontaminasi, di mana jika mobil yang dipakai secara rutin berpotensi tertempel beberapa kontaminan di jalan seperti lapisan aspal atau kotoran di bagian bawah mobil.

Baca juga: Apa Perbedaan Hyundai Stargazer dan Stargazer X? Ini Detailnya

Perawatan warna matte hyundai stargazer x

“Tisu alkohol atau IPA direkomendasikan untuk menghilangkan kontaminasi secara umum. Penghilang tar dan pelarut cat diperlukan pada permukaan yang cat mobil terkena tar atau bensin,” tambah Putra.

Hindari juga parkir terlalu lama di bawah pohon rindang, karena bisa terkena kotoran burung atau getah pohon yang sulit untuk dihilangkan.

Segera bersihkan jika ada kotoran burung atau getah menempel di permukaan mobil, jika didiamkan terlalu lama maka akan menimbulkan bekas pada permukaan cat.

Satu hal yang patut jadi perhatian untuk cat mobil matte adalah dilarang keras menggunakan metode pencucian dengan uap. Selain itu dilarang juga melakukan perawatan menggunakan lilin atau wax.

Penggunaan material di atas disebutkan bisa membuat permukaan cat matte malah menjadi mengkilap.

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY