Mencicipi Rasa Berkendara Suzuki Grand Vitara, SUV Paling Terjangkau

0
Rasa berkendara suzuki grand vitara
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, TangerangSuzuki Grand Vitara terbaru belum lama meluncur di Indonesia dan menjadi SUV andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia. Seperti apa rasa berkendara dari SUV baru yang kini memiliki teknologi SHVS alias smart hybrid pabrikan Jepang ini?

Kami berkesempatan mencicipi rasa berkendara Suzuki Grand Vitara di sela-sela penyelenggaraan GIIAS 2023. Meski rute yang cukup pendek hanya di sekitar area BSD City saja, namun cukup mewakili seperti apa performa dan kenyamanan SUV di kawasan pemukiman.

Grand Vitara terbaru ini tampil beda berkat desain eksterior yang elegan, tangguh serta sporty yang dapat memperkuat penampilan dan gaya hidup keseharian penggunanya.

Dimensi SUV hybrid ini panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.645 mm sehingga memberikan tampilan kompak namun gagah. Kelincahannya juga didukung oleh wheelbase 2.600 mm.

Suzuki grand vitara

Baca juga: Suzuki Tambah Fitur Baleno, Harga Rp 280 Jutaan

Secara desain, Grand Vitara memberikan tampilan yang agresif namun berkelas, serta lekuk tubuh yang kokoh dan menonjolkan maskulinitas.

Dari sisi performa, Grand Vitara dibekali dengan mesin 1.500cc berkode K15C Dual Jet yang ramah lingkungan serta efisien. Penggunaan teknologi SHVS yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sesuai kebutuhan sekaligus menekan emisi gas buang dengan lebih baik.

Performa yang dihasilkan dari mesin tersebut sebesar 103,06 PS/6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm/4.400 rpm disalurkan secara menyenangkan melalui 6-speed Automatic Transmission yang juga dilengkapi dengan paddle shift di balik lingkar kemudi.

Interior grand vitara

Teknologi SHVS mengusung penggunaan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion Battery yang akan mengoptimalkan kinerja mesin K15C Dual Jet tersebut.

Baca juga: Datang, Test Drive, dan Beli Suzuki di GIIAS 2023 Berhadiah 2 Unit Suzuki Jimny

Ketika diajak melesat dari posisi diam, baterai akan mendorong ISG untuk memberikan tenaga tambahan yang membuatnya bisa melesat sedikit lebih cepat.

Respon dari transmisi AT 6-speed juga terasa mulus dan cukup responsif, di saat kompetitornya sudah menggunakan transmisi CVT di segmen ini.

Sementara untuk efisiensi baterai akan membuat penggunaan bahan bakar lebih hemat dengan fungsi Auto Start/Stop yang mematikan mesin saat berhenti sempurna, seperti saat berada di lampu merah.

Secara pengendalian, meski Grand Vitara memiliki ground clearance setinggi 210 mm yang dapat memberikan ketenangan dan kestabilan dikala melewati beragam medan jalan yang kurang baik.

Suzuki grand vitara

Berkat racikan sistem suspensi depan menggunakan MacPherson Strut with Coil Spring dan pada bagian belakang menggunakan Torsion Beam memberikan peredaman perjalanan yang nyaman meski harus melibas jalan jelek atau berlubang.

Baca juga: 14 Komunitas Ramaikan Booth Suzuki di GIIAS 2023

Tingkat kenyamanan di dalam kabin juga patut diacungi jempol. Joknya yang sudah berlapis kulit memberikan kenyamanan cukup baik. Sementara untuk pengemudi juga lebih mudah berkat adanya kamera 360, rear parking camera serta parking sensor.

Adanya fitur Hill Hold Control memberikan rasa aman saat mobil harus berhenti ditanjakan.

Adanya panoramic sunroof memberikan kesan kabin yang lapang, dan menjadi unggulan di segmennya. Serta adanya fitur wireless charging yang memudahkan untuk mengisi daya smartphone di perjalanan.

Panoramic sunroof grand vitara

Sayangnya, SUV ini masih belum dibekali Electric Parking Brake dan juga Brake Hold yang sudah tersedia di kompetitornya. Namun, Suzuki Grand Vitara punya kelebihan dengan adanya HUD (Head Up Display) yang memberikan informasi ke pengemudi.

Baca juga: Suzuki Grand Vitara Mulai Dikirim Kepada Konsumen

Secara keseluruhan, Suzuki Grand Vitara memberikan pengalaman berkendara sebuah SUV modern dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

Suzuki grand vitara

Grand Vitara hadir dengan dua varian, yaitu GX dan GL. Pada varian GX tersedia 4 pilihan warna, yaitu Pearl Splendid Silver + Black, dan Pearl Artic White + Black,  yang ditawarkan dengan harga Rp 387.400.000. Selain itu warna Pearl Celestial Blue dan Pearl Midnight Black ditawarkan dengan harga Rp 384.400.000.

Sedangkan pada varian GL tersedia 3 pilihan warna seperti Pearl Artic White, Prime Grandeur Grey dan Pearl Midnight Black, yang ditawarkan dengan harga lebih terjangkau harga Rp 359.400.000.

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY