Review Hyundai Stargazer X, No Komplain Buat Mobil Keluarga yang Nyaman

0
Review hyundai stargazer x
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Yogyakarta – Segmen mobil keluarga di Indonesia memang kerap menjadi rebutan bagi merek mobil termasuk Hyundai yang ikut mencicipi dengan MPV andalan Stargazer dan juga Stargazer X.

Dari sisi segmen mobil keluarga terjangkau memang sekarang banyak yang menyediakan dua jenis yaitu Low MPV dan juga Low SUV atau Crossover. Hadirnya Hyundai Stargazer X ini mengisi ceruk pasar yang sudah diisi oleh Xpander Cross, XL7, Rush, Terios dan juga BR-V.

Sejatinya Stargazer X ini memang mobil keluarga yang didesain bergaya crossover, basisnya tentu dari Hyundai Stargazer dengan tambahan side body moulding di samping, kemudian desain bumper depan dan belakang yang berbeda serta pastinya ground clearance yang dibikin lebih tinggi.

Perawatan warna matte hyundai stargazer x

Di Indonesia, sebuah mobil MPV pasti digunakan untuk kegiatan sehari-hari maupun juga untuk bepergian jauh bersama keluarga. Dengan kondisi medan jalan yang beragam, tentunya Stargazer X ini diharapkan bisa mengakomodir kebutuhan konsumen di Indonesia ini.

Baca juga: Hyundai Stargazer X Punya Opsi Warna Matte, Begini Cara Merawatnya

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) pun mengajak puluhan awak media nasional untuk membuktikan performa dan ketangguhan Hyundai Stargazer X ini dengan jalur dan rute yang seru dan menantang.

Perjalanan bersama Stargazer X tipe Prime ini dimulai dari kota Yogyakarta  menuju Magelang dengan suguhan rute tanjakan yang cukup panjang menuju restoran Enam Langit. Kemampuan mesin Smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC terasa cukup mumpuni menaklukan rute ini.

Meski saat berhadapan dengan tanjakan curam, suara raungan mesin terdengar ke dalam kabin, namun tenaga yang dihasilkan tetap terisi saat pedal gas dibejek. Mesin Stargazer X mampu menghasilkan tenaga 115 ps dan torsi maksimal 143,8Nm/4.500rpm.

Review hyundai stargazer x

Pemandangan yang disuguhkan dari bukit Menoreh juga terasa memanjakan mata. Mobil yang kami uji ini merupakan tipe yang Captain Seat sehingga penumpang belakang bisa lebih merasakan privasi. Ya, Hyundai juga menawarkan pilihan bangku biasa dan Captain Seat pada Stargazer X ini.

Baca juga: Mau Ganti Dasbor Hyundai Stargazer Terbaru, Siapkan Dana Segini

Rute dari Magelang menuju Solo juga cukup terjal dan berliku melalui jalur Kopeng. Adanya transmisi IVT cukup memberikan respon yang baik saat harus melakukan perubahan kecepatan saat menanjak dan juga saat turunan.

Sistem pengereman di Stargazer X ini juga sudah dibekali dengan rem cakram di depan dan belakang. Berbeda dengan Stargazer yang hanya menggunakan cakram di depan.

Melibas jalan tol juga cukup seru berkat adanya fitur mode berkendara Eco, Comfort, Smart, dan Sport. Tentunya untuk mendapat sensasi berkendara yang optimal langsung menggunakan mode Sport, yang memberikan respon cepat ketika pedal gas dibejek dalam.

Review hyundai stargazer x

Rute di jalan tol juga tersedia untuk menguji fitur-fitur berkendara seperti Cruise Control dan juga fitur Hyundai SmartSense seperti Lane Keeping Assist (LKA) bisa menjaga kendaraan tetap di jalur yang tepat yang dipadukan dengan fitur Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) sehingga lebih mudah mengawasi titik buta kendaraan dan memastikan keamanan saat pindah lajur untuk menyalip atau berbelok.

Saat kami uji di jalan tol, fitur LKA dan BCA ini dapat bekerja maksimal meski kondisi jalan di malam hari. Hanya saja, jika Anda belum terbiasa dengan LKA maka akan butuh waktu untuk terbiasa, karena setir akan berbelok sendiri mengikuti arah marka jalan.

Baca juga: Apa Perbedaan Hyundai Stargazer dan Stargazer X? Ini Detailnya

Pengujian di hari kedua juga rutenya beragam, dengan jalan aspal dan juga jalan berbatu akibat masih dalam pengerjaan. Paling mengasyikan adalah ketika melintasi rute baru yang membelah bukit di pesisir pantai selatan.

Adanya ground clearance 200mm di Stargazer X ini membuat hati tenang saat harus melewati rute jalan berbatu dan rusak. Di dalam kabin pun saat melibas jalan bergelombang tetap terasa nyaman.

Paling penting adalah saat perjalanan yang panjang, penumpang bisa merasakan kenyamanan berkendara. Adanya sistem hiburan 8 inci dengan Wireless Phone Connectivity (Android Auto dan Apple Carplay) yang didukung BOSE Premium sound system dengan 8 speaker. Suasana di dalam kabin pun terasa syahdu berkat kualitas suara terbaik dari speaker BOSE.

Perawatan warna matte hyundai stargazer x

Baca juga: Hyundai Dominasi Pabrikan Jepang, Catat 3 Ribu Lebih SPK di GIIAS 2023

Soal harga, Hyundai juga membanderol harga yang kompetitif untuk Stargazer X ini. Untuk mobil yang kami uji ini Stargazer X Prime dibanderol Rp 336 jutaan saja. Sementara untuk varian Style lebih murah hanya dijual Rp 325 jutaan.

Hyundai Stargazer X ini bisa menjadi lawan bagi kompetitor di segmennya yang disebut di atas tadi. Hanya saja, faktor after sales dan juga desain menjadi tantangan tersendiri jika bersaing di mobil keluarga entry level di Indonesia.

Jika rasa berkendara dan juga performa sudah cukup mumpuni dan nyaman untuk mobil keluarga , kalau masih kurang berarti dari sisi desain yang harus disesuikan dengan selera konsumen Indonesia.

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY