Agar Lebih Aman, Persiapkan Hal Ini Sebelum Mudik Naik Mobil Pribadi

0
persiapan mudik naik mobil pribadi

ROCKOMOTIF, Jakarta – Momen mudik Lebaran merupakan momen yang dinanti-nanti oleh umat Islam di Indonesia. Bagi mereka yang merantau, mudik menjadi kesempatan untuk bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

Bagi yang memilih mudik dengan mobil pribadi, persiapan matang sangatlah penting untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman.

Berikut tips mudik aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi dari ENEOS.

Persiapkan Surat dan Dokumen Kendaraan

Pastikan kelengkapan surat-surat kendaraan seperti STNK dan SIM yang masih berlaku. Bawalah asuransi kendaraan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Persiapan Fisik dan Mental

Pastikan pengemudi dan penumpang dalam kondisi sehat dan fit. Tidurlah yang cukup sebelum berangkat mudik. Siapkan obat-obatan pribadi di tempat yang mudah dijangkau. Jaga juga kondisi mental pengemudi agar tetap fokus saat berkendara.

Baca juga: Rahasia Memperpanjang Usia Kendaraan dengan Oli yang Tepat

ganti oli mesin sebelum mudik

Perawatan Mesin Mobil

Sebelum mudik sebaiknya lakukan pengecekan dan perawatan mesin mobil secara rutin. Ganti oli mesin dengan oli berkualitas yang sesuai dengan spesifikasi mobil. ENEOS menawarkan berbagai varian oli mesin berkualitas tinggi untuk berbagai jenis mobil.

Periksa Kaki-kaki, Rem, dan Ban

Pastikan kampas rem, suspensi, tie rod, ball joint, pelek, dan baut dalam kondisi baik. Ganti ban jika sudah aus atau retak dan perhatikan juga tekanan angin pada ban.

Baca juga: Program Mudik Hyundai Hadirkan 3 Layanan Khusus

Mempelajari Rute Perjalanan

Pahami rute yang akan dilalui, termasuk medan jalan, lokasi istirahat (rest area), dan posko kesehatan terdekat. Manfaatkan fitur peta digital untuk mencari jalur alternatif dan menghindari jalan macet.

Tips lainnya jangan lupa bawalah perbekalan yang cukup untuk perjalanan. Patuhi peraturan lalu lintas dan berhati-hatilah saat berkendara. Kemudian istirahatlah di tempat yang aman dan nyaman jika merasa lelah.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan mudik Lebaran Anda bersama keluarga akan berjalan aman dan nyaman.

LEAVE A REPLY