Mudik Lebih Nyaman, Simak Tips Merawat Mesin Kendaraan Berikut Ini

0
Perhatikan tips perawatan mesin mobil sebelum mudik
Perhatikan tips perawatan mesin mobil sebelum mudik

ROCKOMOTIF, Jakarta – Jelang momen libur lebaran yang kerap dimanfaatkan untuk pulang kampung, ada baiknya Anda memperhatikan tips merawat mesin mobil sebelum melakukan perjalanan mudik.

Tentunya, dengan melakukan berbagai persiapan yang diperlukan, perjalanan tidak hanya merasa lebih nyaman, tetapi juga aman karena kondisi mobil dalam kondisi yang prima.

Berikut 5 tips merawat mesin mobil :

1. Panaskan Mesin Kendaraan Setiap Hari
Usahakan untuk menyalakan mesin kendaraan setiap pagi, atau minimal 2 kali seminggu.

Panaskan selama maksimal 5 menit, agar komponen mesin selalu terlumasi dan mencegah koros.

2. Mengganti Oli Mesin
Sebelum berangkat, pastikan kondisi oli mesin berada pada volume yang cukup atau penuh agar tidak ada sisa ruang yang dapat menyebabkan embun yang dapat merusak mesin.

Oli membantu menjaga bagian-bagian penting mesin tetap terlumasi dengan baik dan menjaga temperatur mesin. Periksa buku manual kendaraan Anda untuk melihat interval penggantian oli yang direkomendasikan oleh pabrikan.

3. Mengganti Filter Udara
Filter udara yang bersih membantu menyalurkan udara segar yang dibutuhkan mesin agar terus bekerja seperti yang diharapkan. Menjaga filter udara tetap bersih akan menjauhkan partikel debu tersebut dari mesin kendaraan Anda.

4. Cek Air Radiator
Perjalanan jauh dapat membuat mesin mobil rentan panas. Untuk itu perlu pastikan volume air radiator agar mencegah terjadinya overheat atau panas berlebih pada mesin.

5. Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat
Mesin kendaraan yang bersih dan terawat tentunya akan memberikan banyak keuntungan yaitu tak hanya mesin menjadi lebih awet atau tidak mudah rusak, berkendara pun menjadi lebih aman, nyaman dan menyenangkan.

Memilih bahan bakar yang tepat dan berkualitas merupakan salah satu tips penting untuk menjaga performa mesin.

Salah satu bahan bakar berkualitas yang dapat menjadi pilihan menjelang mudik lebaran adalah bahan bakar “bp Ultimate’ yang mengandung formula Teknologi ACTIVE yang lebih canggih, dirancang khusus untuk membantu membersihkan mesin dari kotoran sekaligus melindungi mesin dari penumpukan kotoran baru.

Dengan dua keunggulan utama yang dimiliki oleh “bp Ultimate” tersebut akan menjaga mesin tetap bersih, tarikan mesin lebih halus dan meningkatkan efisiensi berkendara dengan performa mesin yang maksimal.

LEAVE A REPLY