Pengalaman Berkendara Bersama Wuling Cloud EV, Apakah Senyaman Itu?

0
pengalaman berkendara wuling cloud ev

ROCKOMOTIF, JakartaWuling baru saja mengumumkan masa pemesanan awal (pre-booking) untuk mobil listrik terbarunya, Cloud EV di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024. Untuk memperkenalkan rasa berkendara Cloud EV ini, Wuling juga mengajak media nasional dalam sesi Media Impression Test Drive di sela-sela ajang PEVS 2024 ini.

Rockomotif pun berkesempatan menjajal mobil tanpa emisi ini keliling sekitar kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Oh iya selama masa pre-booking ini, Wuling menawarkan harga perkiraan untuk Cloud EV dengan banderol Rp 410 juta.

“Kami memberikan kesempatan bagi media untuk merasakan langsung fitur-fitur canggih yang dimiliki Cloud EV, seperti layar 15.6 inci Intelligent Head Unit yang berfungsi sebagai pusat pengaturan kendaraan, ADAS sampai dengan ragam fitur modern. Kami berharap rekan media juga menikmati kenyamanan sofa mode yang menjadi salah satu keunggulan dari Cloud EV,” jelas Danang Wiratmoko selaku Product Planning Wuling Motors.

Baca juga: Wuling Buka Pemesanan Cloud EV di PEVS 2024, Harga Mulai Rp 410 Juta

Meski harga CLoud EV ini belum harga resmi, namun mobil listrik ini ternyata punya kenyamanan yang maksimal bagi penumpang maupun pengemudinya.

Sofa mode cloud ev

Desain jok yang nyaman

Pertama adalah desain jok yang begaya Italian Bubble Sofa Style. Ya, Wuling menghadirkan kursi yang terinspirasi dari kelembutan awan dan memang sangat nyaman ketika diduduki, baik di kursi baris depan maupun belakang.

Terlebih bagi penumpang belakang yang bisa menikmati posisi duduk menyerupai sofa dengan pengaturan Sofa Mode, di mana jok depan bisa diatur rebah sampai penuh ke belakang. Memang benar pengalaman berada di dalam kabin Cloud EV terasa nyaman dan memanjakan pemiliknya.

Baca juga: Wuling Cloud EV, Awan Listrik yang Bisa Melesat Hingga 500 Km

Nuansa kabin Cloud EV ini dirancang untuk menonjolkan kesan mewah dan elegan, dengan paduan warna hitam pekat dan warna rose gold di beberapa bagian interiornya. Material pada kabin juga sudah didominasi dengan bahan lembut yang membuatnya terlihat mewah.

head unit 15 inci

Interior minimalis namun canggih

Kemudian di bagian interior juga terasa minimalis. Anda tidak akan menemukan banyak tombol-tombol di bagian dashboard, karena semua digantikan dengan pengaturan yang terdapat pada layar besar di tengah dashboard.

Tuas transmisi pun terhubung dengan lingkar kemudi, tepatnya di tuas sebelah kiri mwnggantikan tuas untuk pengaturan wiper. Pengendara bisa mengakses secara urut dari bawah, mulai dari D, N, dan R. Sementara posisi P atau Parking ada di ujung tuas yang penggunaannya bisa dengan cara ditekan ke dalam. Berbeda untuk rem tangan atau parking brake yang letaknya ada di bagian bawah dashboard sebelah kanan.

Baca juga: Moeldoko Sebut PEVS 2024 Pameran Kendaraan Listrik Terbesar di Asia Tenggara

Kemudian tuas sebelah kanan digunakan untuk mengoperasikan fungsi lampu sein dan whipper, sedangkan pengoperasian lampu utama bisa dilakukan secara otomatis atau via fungsi di head unit.

Ya, berbagai akses fitur dan fungsi di dalam kendaraan ini semua tersedia di head unit berukuran 15,6 inch TFT. Seperti akses untuk mode berkendara, lampu, pendingin kabin, All-Around 360° Camera, ADAS, pengaturan beragam fungsi kendaraan, dan fitur hiburan.

Bagi pemakai baru tentunya harus beradaptasi terlebih dahulu dengan fitur dan pengaturan ini. Meski sebenarnya beberapa fungsi yang diatur di head unit ini sudah cukup user friendly.

dynamic impression wuling cloud ev

Performa yang menyenangkan

Kendaraan listrik ini memiliki empat opsi mode berkendara, yakni ECO+, ECO, Sport, dan Normal. Sesuai namanya, Cloud EV menghadirkan rasa berkendara yang mulus seperti awan ketika menggunakan mode berkendara Normal atau Eco. Jika ingin tarikan yang lebih responsif, Anda bisa mengaktifkan mode Sport.

Memang pada mode Sport akan terasa akselerasi yang lebih spontan, namun kami merasa sensasi pecutan ketika pedal gas diinjak dalam masih terasa ‘sopan’, itu sebabnya EV yang satu ini cocok untuk kaum wanita yang tidak butuh akselerasi namun lebih mengandalkan kenyamanan.

Tenaga ini dihasilkan dari motor listrik yang ditenagai baterai lithium iron phosphate berkapasitas 37.9 kWh atau 50.6 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 134 Tk dan torsi puncak 200 Nm. Jarak tempuh dari mobil ini diklaim bisa mencapai 460 kilometer.

Baca juga: Harga Resmi Wuling BinguoEV Mulai Rp 358 Juta, Belum Termasuk Insentif PPN

Tak hanya mode berkendara, sensitivitas pengereman juga bisa diatur sesuai mode yang diinginkan, Comfort, Normal, dan Sport. Mode Sport membuat pengereman mobil ini menjadi lebih sensitif dalam hal respon ketika pedal rem diinjak.

Ada beberapa fitur yang lebih canggih dari mobil listrik Wuling sebelumnya, seperti adanya Adaptive Cruise Control yang bisa diaktifkan melalui tuas dibalik kemudi.

pengalaman berkendara wuling cloud ev

Kemudian, fitur Auto Vehicle Holding serta Hill Hold Control juga tersedia pada Cloud EV sehingga ketika berhenti di tanjakan tetap aman.

Baca juga: Wuling Pajang Cloud EV di IIMS 2024, Jarak Tempuhnya Paling Jauh

Ada juga fitur Creeping Function yang berfungsi saat berhenti di tanjakan, hanya dengan satu sentuhan di pedal gas maka mobil akan menanjak sendiri secara perlahan.

Di samping itu, adanya bantuan All Around 360 camera memberikan bantuan saat harus parkir dalam tampilan 360 derajat. Melalui kamera ini, pengemudi dapat melihat setiap sisi dari mobil listrik ini di Control Screen sehingga dapat memarkirkan kendaraan dengan lebih mudah.

Wuling Cloud EV menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman dan menyenangkan dengan berbagai fitur canggih yang menunjang. Desain interior yang elegan dan canggih, serta performa yang mumpuni, menjadikan Cloud EV pilihan menarik bagi pecinta kendaraan listrik di Indonesia.

LEAVE A REPLY