Tips Aman Berkendara Sepeda Motor untuk Mengurangi Risiko Kecelakaan

0
tips berkendara aman naik motor
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Jakarta – Kecelakaan sepeda motor masih menjadi momok di Indonesia. Hal ini tak lepas dari faktor human error, mengingat banyak masyarakat yang belum memahami teknik berkendara motor yang benar dan aman.

Salah satu langkah awal untuk menjaga keselamatan berkendara adalah dengan memilih sepeda motor yang sesuai dengan spesifikasi dan bobot penggunanya. Suzuki Nex Crossover bisa menjadi pilihan tepat untuk beraktivitas sehari-hari, dengan desainnya yang ringkas dan stylish.

Baca juga: 7 Tips Untuk Pecinta Touring Motor Supaya Aman di Perjalanan

Selain itu, menguasai teknik pengereman yang benar juga penting untuk menghindari kecelakaan. Berikut beberapa tips aman berkendara sepeda motor dari Suzuki:

1. Jaga Posisi Motor Tetap Lurus Saat Pengereman

Saat mengerem, posisikan motor tetap lurus agar keseimbangan terjaga dan traksi ban maksimal. Hindari panik dan terapkan teknik pengereman berkala, yaitu tarik tuas rem depan dan belakang secara bertahap.

2. Ketahui Interval Waktu Pengambilan Keputusan di Jalan

Jaga jarak antar kendaraan untuk memberi waktu pengambilan keputusan pengereman yang baik. Gunakan angka kecepatan di speedometer untuk mengetahui jarak aman yang ideal.

3. Sadar Kondisi Sekitar dan Jaga Jarak Aman

Semakin rendah kecepatan, semakin kecil jarak aman yang diperlukan. Perhatikan kondisi jalan, cuaca, dan kesehatan tubuh sebelum berkendara.

Baca juga: Simak Perawatan Motor Listrik Agar Performanya Tetap Maksimal

4. Lakukan Pemeriksaan Ringan Sebelum Berkendara

Pastikan rem dan ban motor dalam kondisi prima. Lakukan service berkala di bengkel resmi untuk menjamin kualitas kendaraan.

Teknik pengereman yang tepat dan perilaku berkendara yang aman dapat membantu menghindari kecelakaan fatal. Ingatlah selalu tips-tips di atas saat berkendara sepeda motor.

“Kecelakaan akibat perilaku pengendara yang kurang berhati-hati bisa terjadi kapan saja. Pengetahuan dan penguasaan teknik pengereman bisa membantu menghindari pengemudi dari kondisi fatal di perjalanan. Suzuki juga menganjurkan agar para pelanggan kami konsisten dalam melakukan service berkala ke bengkel resmi untuk memastikan kendaraannya tetap berada pada kondisi prima untuk berkendara,” jelas Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS.

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY