Honda Bakal Hadirkan HR-V Baru Bermesin Turbo di Indonesia?

0
honda hr-v turbo
Honda HR-V 1.5L Special Edition

ROCKOMOTIF, Tangerang – Teknologi mesin turbo di mobil-mobil terbaru sudah bukan barang mewah lagi. Bahkan di mobil besutan China pun sekarang sudah menggunakan teknologi turbo ini.

Honda pun sudah memperkenalkan mesin turbo untuk mobil terbarunya di Indonesia. Mesin berkapasitas 1.5 liter dengan tenaga turbo diyakini mampu menghasilkan tenaga yang setara dengan mesin 2.0 liter.

Mulai dari Honda CR-V hingga ke Honda Civic terbaru sudah menggunakan mesin turbo. Meski begitu, apakah Honda akan memberikan mesin turbo untuk HR-V?

Sayangnya PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan masih belum ada rencana untuk memberikan mesin turbo untuk HR-V. Padahal di Eropa sudah ada wacana jika Honda akan menggunakan mesin 1.5 liter turbo untuk HR-V terbaru.

Baca juga: Honda HR-V Facelift Tiba di GIIAS 2018, Ternyata Cuma Ini Ubahannya

“HR-V turbo nggak mungkin ada,” tegas Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Director PT HPM di sela-sela media test drive Honda NR-V terbaru di Alam Sutra, Rabu (29/8/2018).

Jonfis juga menambahkan jika faktor harga adalah alasan tidak akan hadirnya HR-V bermesin turbo ini di Indonesia. Karena menurutnya mesin turbo itu mahal dan pasti akan membuat harga jual HR-V naik.

“Mesin turbo itu bisa bikin perbedaan harga sekitar Rp 90 jutaan. Kalau kita lihat kita pasang turbo CR-V dengan di Thailand dia tidak punya turbo, itu bedanya bisa Rp 90 juta-Rp 100 juta harga jualnya. Jadi nanti HR-V harganya akan mendekati CR-V. Buat apa kita jual HR-V turbo, konsumen pasti lebih memilih ke CR-V,” ungkap Jonfis lebih lanjut.

Mesin 1.5 Liter Sudah Cukup

Untuk saat ini memang belum ada Honda HR-V dengan mesin turbo seperti milik CR-V 1.5L. Tapi Honda berencana untuk memasarkan HR-V Turbo ini untuk pasar Eropa. Seperti dilansir oleh Paultan.org yang mengatakan jika Honda HR-V turbo akan masuk ke pasar Eropa di tahun 2019 mendatang.

Sementara itu, Jonfis meyakini mesin naturally aspirated 1.5 liter di HR-V yang sekarang ini sudah cukup bagi konsumen Indonesia. Menurut Jonfis, mesin 1.500cc mampu menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan kendati tidak menggunakan turbo.

“1.5L saja fun to drive-nya sudah cukup dengan segala fiturnya. Tentu akan semakin fun kalau pakai turbo, tapi positioning turbo belum ada rencana,” jelasnya.

HPM memang baru saja menyegarkan tampilan dan fitur Honda HR-V di ajang GIIAS 2018 kemarin. Honda menghadirkan HR-V 1.5L Special Edition terbaru yang sudah dibekali fitur lebih lengkap mirip dengan varian Prestige 1.8L. Hanya saja tidak dibekali Panoramic sunroof.

Harga HR-V 1.5L E Special Edition CVT ini dibanderol Rp 329,5 juta sementara 1.8L Prestige CVT Rp 395 juta.

LEAVE A REPLY