Sistem Contraflow Jadi Antisipasi Macet Libur Natal dan Tahun Baru

0
sistem contraflow
Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si. akan menerapkan sistem contraflow saat libur Natal dan tahun baru

ROCKOMOTIF, Jakarta – Menyambut libur Natal dan Tahun Baru, berbagai persiapan untuk mengatasi kemacetan sudah diantisipasi pihak Polri. Ini tugas tahunan yang sudah dipersiapkan untuk kenyamanan masyarakat saat perjalanan liburan atau rayakan Natal.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si. mengatakan, semua instansi yang berkaitan pengamanan libur Natal dan Tahun Baru mulai beroperasi pada (21/12/2018) hingga (1/1/2019).

Jenderal bintang dua tersebut mengatakan, “Kita sudah melaksanakan rapat di Mabes Polri dan melibatkan semua instansi, Dir Lantas hingga Dir Sabhara se-Indonesia.”

Baca juga: Polri Ajak Masyarakat Tertib Lalu Lintas Lewat Pameran Road Safety

Kakorlantas Polri menambahkan operasi lalu lintas akan difokuskan pada sejumlah titik yang saat ini menjadi sumber kemacetan. Misalnya, kawasan Bekasi hingga gerbang tol Cikarang karena sedang ada berbagai pembangunan.

Sistem contraflow akan diterapkan di tol Cikampek yang masih terdapat pembangunan (Foto: Beritasatu)

“Kepadatan yang utama memang di jalur Cikampek, karena di sana sedang ada tiga pekerjaan. Tol bertingkat, kereta api cepat dan LRT,” ucap Refdi.

Baca juga: Ini Terobosan Gubernur Jawa Barat Untuk Keamanan Lalu Lintas

Perwira Tinggi Polri itu mengungkapkan bahwa rekayasa lalu lintas sangat mungkin dilakukan. Akan tetapi dengan sistem contraflow, bukan one way yang dilakukan saat Operasi Ketupat Lebaran 2018 silam.

“Hal itu sangat mungkin kita lakukan contraflow. Kalau kemarin saat Operasi Ketupat kita lakukan one way, tetapi kali ini sepertinya one way tidak. Hanya contraflow saja pada ruas tertentu yang sangat mungkin kita lakukan,” jelasnya.

LEAVE A REPLY