Kawasan Ancol Jadi Sirkuit Formula E Jakarta 2022

0
Sirkuit Formula E Jakarta
Sirkuit Formula E Jakarta

ROCKOMOTIF, Jakarta – Kabar mengenai sirkuit Formula E Jakarta akhirnya menemui titik terang. Kawasan Ancol, akhirnya mendapat persetujuan dari FEO dan FIA untuk menyelenggarakan balap formula listrik.

Kabar tersebut diungkapkan oleh Ahmad Sahroni, selaku Organizing Comitee (OC) Formula E Jakarta, seperti dikutip dari Kantor Berita Antara.

Dalam keterangannya, Ahmad Sahroni, langsung menjelaskan sirkuit Formula E Jakarta akan ditempatkan di kawasan Ancol.

“Baru tadi pagi diberikan persetujuan sirkuit untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta adalah di Ancol,” kata Sahroni, dikutip laman berita Antara hari ini, Rabu (22/12/2021).

Penetapan Ancol tersebut akhirnya menjadi jawaban dari kabar sebelumnya. Ada tiga wilayah yang tadinya dicalonkan untuk dapat menggelar balap tersebut.

Namun, menurut crazy rich Priok itu, terpilihnya Ancol ini juga karena beberapa faktor pendukung yang tidak lepas dari ikon Jakarta.

“Ancol merupakan tempat yang dinamis dan sebagai ikon Jakarta. Terlebih, tempatnya tertutup sehingga tidak mengganggu akses jalanan umum,” tambahnya.

Jika melihat lay out yang digambarkan, arena tersebut akan dibuat seperti kuda lumping. Di mana, melalui panjang lintasan 2,4 kilometer dan lebar 12 meter, sengaja didesain untuk memberikan kesan ikonik pada Kota Jakarta.

“Filosofi kuda lumping ini adalah nasional, terus masalah ikonik Jakarta di sebelah kanan itu ada Jakarta International Stadium, stadion berkelas internasional yang megah sekali itu sebagai The New Iconic Jakarta,” kata Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Widi Amanasto, seperti dilansir Tempo.

Sebelum nama Ancol mencuat, salah satu kandidat kuat dalam penyelenggaraan balap ini adalah kawasan Monas. Bahkan, beberapa pohon yang ada di sekitarnya sudah ditebang untuk melakukan persiapan pembuatan trek tersebut.

Adapun kalender balap tersebut, seperti yang sudah diinformasikan akan diselenggarakan pada 4 Juni 2022 mendatang atau bertepatan pada perayaan Hari Jadi Kota Jakarta.

LEAVE A REPLY