Fungsi Lain Dari GPS Tracker Selain Melacak Lokasi Kendaraan Anda

1
gps tracker
Fungsi GPS Tracker kini bisa beragam sesuai dengan kemampuan si programmer

ROCKOMOTIF, Jakarta – Peralatan GPS biasanya hanya digunakan untuk mengetahui posisi sebuah benda, atau keberadaan seseorang melalui telepon genggamnya. Meski begitu saat ini juga sudah lazim digunakan untuk melacak kendaraan.

Sudah banyak perusahaan yang menggunakan GPS tracker sebagai sarana pengamanan pada kendaraannya. Terlebih jika itu adalah kendaraan operasional ataupun kendaraan rental.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu perusahan yang bergerak di bidang GPS ini, PT Information Technology Service Centre (ITSC).

Selama ini ITSC memang baru fokus ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa sistem yang handal untuk mengontrol armadanya. Perusahaan terbesar yang menggunakan jasa ITSC adalah Domino Pizza.

Menurut General Manager Fleet Management Division ITSC Agoes Boedi Wijono dengan perkembangan bahwa ITSC sudah mapan dengan managemen fleet dan sekarang kami sudah ada permintaan ke arah retail.

“Pada Januari (2018) nanti kami akan launching untuk produk retailnya. Retail ini pun kami menyasarnya ke perusahaan-perusahaan rental, tapi istilahnya siap untuk satuan dan yang pasti dengan kehandalan yang sama,” ungkap Agoes.

Agoes juga menambahkan jika secara umum semua GPS Tracker itu memiliki fungsi yang sama.

“Tapi layanan kami lebih handal karena programmer yang membuat platform itu in house. Sehingga saat terjadi sesuatu atau bermasalah, pengembangan, kami akan cepat. Kedua, kalau ada konsumen yang membutuhkan modifikasi dari platform bisa teratasi dengan cepat. Karena kami memiliki layanan call center 24 jam. Ketiga, alat kami ini bisa diandalkan. Perusahaan kami punya 14 kantor cabang dengan 200 rekanan di seluruh indonesia.”

GPS Tracker
Salah satu wujud GPS Tracker buatan Agoes

Fungsi Lain GPS Tracker

Selama ini GPS Tracker kebanyakan orang hanya mengerti hanya masalah keamanan kendaraan kalau hilang. Namun menurut Agoes itu adalah fungsi kesekian, lebih kepada bagaimana bisa kontrol armadanya dengan akurat, secara realtime, itu yang terpenting.

“Contoh misalnya seorang keluarga punya sopir yang antar anaknya,. Tentu rasa aman karena tahu posisinya, tahu berapa lama sampai. Bila pulang malam bisa tahu apakah sesuai jalur atau tidak. Itu lebih berharga dari sekadar hilang,” jelas Agoes lagi.

GPS Tracker buatan ITSC ini juga didukung dengan aplikasi yang terlihat sederhana. Hanya tracking, posisi, history, reply, dan fitur find car. Begitu diklik langsung tahu posisinya sehingga bisa mengarahkan ke mobil yang dicari.

“Tapi apabila membacanya di web pakai itgps.co.id Anda bisa mendapatkan semua fasilitas yang kami punya,” tambahnya.

Mematikan dan Menyalakan Mesin Via SMS

GPS Tracker ini juga memiliki kelebihan bisa mematikan dan menyalakan mesin melalui SMS. Karena menurut Agoes, SMS tidak pakai aplikasi karena pasti mati atau hidup. “Kalau pakai aplikasi kan tergantung dari sinyal provider yang digunakan, belum tentu di daerah pelosok bisa ada sinyal untuk data. Tapi kalau SMS kan pasti terkirim meskipun sinyalnya lemah,” ujar Agoes.

Ada juga fitur “Smart Sleep Mode” yang berfungsi untuk menjaga keawetan baterai. Kalau GPS lain akan selalu mengirim data saat kendaraan berhenti. Tapi kalau ini jika tidak bergerak selama satu jam, hanya kirim data setiap satu jam sekali.

“Tapi kalau motor merasakan ada getaran akan langsung aktif, begitu juga kalau kabel GPS nya dipotong dan motor atau mobil dibawa jalan, akan habis sendiri dalam satu jam.

GPS Tracker ini dibanderol dengan harga Rp 1,5 sampai Rp 1,7 juta untuk mobil atau motor. Dan sudah termasuk biaya pulsa selama tiga tahun.

BAGIKAN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY