16 Tahun Mati, Mobil Ini Akan Bangkit Lagi Dengan Wujud Crossover

0
16 tahun mati crossover honda
2002 Honda Passport 4WD EX.
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, California – Sudah 16 tahun lalu sejak wujud mobil ini terakhir diproduksi dan dijual di Amerika Serikat. Tapi ada berita jika mobil berwujud SUV ini akan dihidupkan kembali dengan wujud baru yaitu Crossover. Bahkan mobilnya sudah tertangkap kamera sedang diuji dan dalam ‘bungkus’ yang cukup heboh.

Mobil ini adalah Honda Passport, sebuah SUV milik pabrikan Jepang yang terakhir diproduksi tahun 2002 silam. Menurut Automotive News, Honda berencana untuk membangkitkan nama Passport lagi untuk bersaing di segmen medium crossover.

Nantinya mobil ini akan diposisikan di antara Honda CR-V dan Pilot. Honda Pilot adalah SUV dengan dimensi yang lebih besar dari CR-V dan dijual di Amerika.

Passport ini nantinya akan terlahir kembali sebagai crossover dua baris yang memiliki dimensi lebih pendek 15 cm dari Pilot. Dan akan bersaing dengan Ford Edge, Hyundai Sante Fe Sport dan juga Nissan Murano. Setidaknya untuk pasar Amerika dulu.

Baca Juga: Honda Recall Hampir 500 Ribu Mobilio, Brio, Jazz, HR-V, Dan BR-V

Seorang sumber Automotive News mengatakan jika Honda Passport ini akan ditunjukkan saat pertemuan dengan diler di bulan November mendatang, dan akan dijual mulai tahun 2019. Kebangkitannya ke publik akan diadakan di Los Angeles Auto Show di bulan November.

Sayangnya pihak Honda menolak untuk mengklarifikasi mengenai produk ini.

Prototipe Honda Passport yang tertangkap kamera sedang diui di Amerika (foto/Carscoops)

Mesin V6

Honda Passport awal adalah SUV pertama Honda yang dijual sejak tahun 1994 hingga 2002. Saat itu, mobil ini adalah mobil Isuzu Rodeo yang diganti dengan lambang Honda.

Nantinya Passport terbaru ini akan menggunakan basis dari Honda Pilot dan akan diproduksi di pabrik Honda di Lincoln, Alabama. Pabrik ini juga yang memproduksi Honda Pilot, MPV Odyssey dan pick-up Ridgeline.

Baca Juga: Berkat Mesin Turbo, Honda CR-V Jadi SUV Terlaris di Indonesia

Mengingat menggunakan platform yang sama dengan Pilot, Honda Passport ini juga tampaknya akan menggunakan meisn V6 3.5 liter. Mesin ini menghasilkan tenaga 280 hp dan torsi 453 Nm. Pada Honda Pilot, mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 6-speed dan otomatis 9-speed.

Di Indonesia, Honda hanya punya CR-V dan HR-V. Berarti masih ada ruang untuk Passport ini di Tanah Air. Kira-kira Honda Passport yang bangkit dari kubur ini bakal masuk ke Indonesia nggak ya?

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY