Sensasi Melibas Tanjakan Dengan Innova Zenix Hybrid

0
sensasi innova zenix hybrid

ROCKOMOTIF, Salatiga – Pekan lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) mengajak puluhan awak media untuk menguji langsung MPV terbaru mereka Kijang Innova Zenix. Rutenya cukup beragam, dari jalan bebas hambatan hingga ke medan menanjak di area Kopeng, Salatiga yang cukup ekstrem.

Dalam acara journalist test drive (JTD) All New Kijang Innova Zenix ini Rockomotif mendapat rute Yogyakarta-Semarang-Jakarta pada 20-21 Desember lalu. Total ada delapan (8) unit yang digunakan dalam test drive sejauh 600 kilometer tersebut dengan varian tertinggi yaitu Zenix Q Hybrid dan varian Zenix V bensin.

“Untuk meyakinkan pelanggan bahwa MPV keluarga ini tetap setangguh pendahulunya, kami mengajak jurnalis nasional untuk mencobanya langsung ke kawasan wisata Kopeng yang berada di ketinggian sekitar 1.500 meter dengan rute pegunungan yang menantang,” ujar Vice President Director PT TAM Henry Tanoto.

innova zenix hybrid

Mobil pertama yang kami coba adalah Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista. Rutenya dari Yogyakarta menuju Semarang melalui jalur Kopeng, Salatiga. Jalan yang kami lalui cukup menantang, setelah melewati jalanan kota Yogya yang cukup padat kemudian disuguhkan jalur menanjak di Kopeng dengan pemandangan alam yang aduhai.

Baca juga: Pesan Innova Zenix Hybrid Sekarang, Baru Terima Unit Juni 2023

Aplikasi platform baru pada Toyota Kijang Innova Zenix memberi banyak manfaat baru terutama pada kenikmatan berkendaranya baik dari sisi pengemudi maupun penumpang belakang. Dari sisi pengemudi, platform TNGA: GA-C dengan struktur monocoque, memberikan engineer Toyota peluang untuk menyematkan berbagai teknologi advance terbaru pada All New Kijang Innova Zenix Gasoline dan Hybrid.

Untuk mencapai level efficiency keseluruhan terbaik, platform ini memanfaatkan dapur pacu baru dengan efisiensi tinggi, transmisi CVT yang smooth dan responsif, serta penggerak roda depan yang lebih kompak dan efisien dalam menyalurkan tenaga.

Terbukti saat menaklukkan jalanan menanjak di jalur Kopeng, Innova Zenix Hybrid ini tidak membutuhkan injakan pedal yang dalam, cukup disentuh perlahan saja mobil keluarga ini dengan mudah melahap jalur menanjak yang disertai dengan tikungan tajam.

Paduan mesin bensin dan motor listrik dalam menyalurkan tenaga gabungan ke roda depan dengan sangat pas sesuai kebutuhan di rute berliku. Di saat bersamaan, mengisi ulang baterai hybrid sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi konsumsi bensin dan menekan polusi udara.

Baca juga: Modal Rp 30 Jutaan Bisa Bawa Pulang All New Innova Zenix

Ketika terjadi perpindahan dari mode hybrid menggunakan baterai ke mode mesin konvensional pun tidak terasa sama sekali di dalam kabin. Yang terasa adalah tenaga besar yang seketika hadir saat pedal gas diinjak sesuai karakter tenaga motor listrik yang konstan sejak awal.

Putaran mesin pun terjaga di Innova Zenix Hybrid ini, jadi saat pedal gas dilepas pun rpm tidak senantiasa turun drastis, melainkan masih menjaga di putaran yang cukup sehingga ketika pengemudi membutuhkan dorongan tenaga kembali tidak terasa ada performa yang hilang. Cukup injak pedal gas lagi maka mobil akan kembali melaju dengan tenaga yang maksimal. Tenaga dan torsi yang besar dengan kurva yang lebar sejak putaran rendah memberikan sensasi berkendara yang menghibur.

Toyota berhasil menjawab keraguan konsumen saat menghilangkan model diesel yang terkenal akan torsi besarnya dan menggantikan dengan model hybrid ini. Performa mesin hybrid terbaru bertenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm, dengan tenaga gabungan 186 PS. Motor listriknya menghasilkan daya mandiri 113 PS dan torsi 205 Nm dapat dengan mudah meliuk-liuk di jalur Kopeng.

Tidak ada kesulitan pada Premium MPV dengan jumlah penumpang 4 orang plus barang bawaan ketika harus menanjak di jalur perbukitan dengan pemandangan yang indah. Mulus tanpa kendala, engine dan transmisi CVT berhasil menyalurkan tenaga ke roda depan sesuai kondisi jalan dan keinginan pengemudi. Ditambah stabilizer di belakang untuk menjaga kestabilan mobil supaya tidak mudah limbung.

Baca juga: Ini Oli yang Pas Buat Toyota Kijang Innova Zenix, Pakai yang 0W-16

Terjawab sudah jika platform TNGA baru ini memberikan peningkatan driving quality yang signifikan, seperti rigiditas chassis yang lebih solid sehingga mobil lebih stabil dan mudah dikendalikan. Berat keseluruhan turun 170 kg dari model sebelumnya, memberikan kualitas berkendara lebih baik hingga fuel efficiency lebih hemat. Termasuk power to weight ratio yang meningkat hingga 79% yang membuatnya lebih gesit dan responsif, sangat membantu di rute pegunungan yang menghubungkan banyak kota di Indonesia.

Kekhawatiran saat melewati trek menurun dapat dijawab dengan kemampuannya memberikan efek engine brake yang memadai berkat fitur uphill/downhill shift control untuk mencegah mobil bergerak turun tidak terkendali, selain memberikan ekstra power ketika menanjak.

Opsi mode manual transmisi CVT memberikan keleluasaan kepada driver untuk “bermain” dengan posisi gigi 10-speed guna memaksimalkan performa mesin. Approach angle dan departure angle juga dipertahankan sama seperti generasi sebelumnya untuk memberikan peace of mind saat melibas jalanan tanjakan maupun turunan yang menantang.

Kenyamanan maksimal Innova Zenix

Kenyamanan Kabin model hybrid tipe tertinggi ini jauh lebih mewah ketimbang pendahulunya dengan jok captain seat dengan kursi ottoman electric recline di baris kedua dan juga Panoramic Retractable Roof yang cukup besar. Selain itu penumpang juga akan dimanjakan dengan fleksibilitas kabin untuk berbagai kebutuhan, yang jadi nilai plus baru dari Innova Zenix dibandingkan generasi sebelumnya.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Innova Zenix Tanpa Diesel dan Transmisi Manual 

Toyota menghilangkan gerak roda belakang (RWD) dan mengubahnya menjadi gerak roda depan (FWD) sehingga tidak ada lagi terowongan di bawah dek penumpang. Hasilnya lantai yang rata sampai ke belakang dan membuat kabin semakin lapang. Ditambah lagi ada panoramic roof yang menyenangkan saat perjalanan jauh.

Kenyamanan bangku tengah di varian Q Hybrid ini semakin maksimal dengan bangku ottoman yang bisa digeser maju-mundur sejauh 330 mm atau lebih panjang 115 mm. Penumpang belakang pun dapat mengistirahatkan kaki dengan adanya sandaran kaki elektrik.

Kenyamanan kabin All New Kijang Innova Zenix juga meningkat signifikan lantaran paket insulator di platform TNGA. Toyota Astra Motor mengatakaan jika peredam di Innova Zenix ini sudah lebih berkualitas sehingga memastikan suara mesin tidak terlalu merambat ke dalam. Ditambah lagi dengan hilangnya propeller shaft dan gardan belakang juga turut mengurangi vibrasi dan noise yang masuk ke kabin. Mantap deh, seperti bukan naik Kijang lagi nih!

LEAVE A REPLY