Merasakan Torsi yang Melimpah Lewat Suzuki Gixxer SF250

0
Review Suzuki Gixxer SF250
Suzuki Gixxer SF250 cukup membuat adrenalin memuncak

ROCKOMOTIF, Jakarta – Saat melakukan review Suzuki Gixxer SF250 selama dua pekan, tim ROCKOMOTIF merasakan sensasi baru dalam menggeber motor yang dibanderol dengan harga Rp51 jutaan.

Ini menjadi masterpiece baru dari pabrikan tersebut dalam memanjakan konsumen yang kepingin motor dengan kapasitas mesin 250cc. Meski hanya dibekali satu silinder, namun tenaga dan torsi yang dihasilkan dari motor tersebut sangat memanjakan pengendara untuk berakselerasi setiap saat.

Sebelum membahas perihal sektor jantung pacu yang menjadi fokus pada review Suzuki Gixxer SF250, kami akan menjelaskan sedikit mengenai desainnya. Lantaran dibekali livery Ecstar, banyak orang mengira bahwa ini merupakan GSX-R 150.

Namun, jika diperhatikan secara seksama mulai dari fairing, hingga bagian buritan, model ini memiliki tampilan yang lebih menggoda. Terlebih pada desain fairing, motor yang dirilis pada tahun 2022 lalu hadir dengan tampilan lebih sporty. Bahkan untuk stoplamp, telah dibekali teknologi LED serta desainnya sangat atraktif lantaran dibekali dengan handle belakang yang memiliki gaya agresif.

Review Suzuki Gixxer SF250
Bagian belakang memiliki desain yang sporty

Saat review Suzuki Gixxer SF250 ini, saya juga merasakan betapa rigidnya motor ini lantaran ditopang melalui suspensi depan dan belakang yang mumpuni. Di bagian depannya, model ini datang dengan sistem teleskopik dan di bagian belakangnya hadir melalui monoshock.

Mengenai posisi berkendaranya, bagi saya ada perbedaan antara motor ini dengan GSX-R 150. Saat mengendarai GSX-R 150, posisi badan saya begitu menunduk, tetapi untuk model ini lebih ergonomis.

Setelah dibuat terkagum dengan tampilannya, salah satu keunggulan yang dirasakan saat review Suzuki Gixxer SF250 ini adalah torsi yang begitu memanjakan. Putaran mesin yang dihasilkan terasa begitu cepat untuk mencapai 7.000 rpm. Pada saat itulah, kenikmatan untuk merasakan tenaga dari motor ini bisa dirasakan.

Namun memang ada sebuah hal yang cukup mengganggu di mana suara raungan mesin saat posisi idle cukup berisik. Tentunya, ini merupakan penilaian dari perspektif saya sebagai reviewers. Akan tetapi, hal tersebut bukan sebuah hal buruk, mengingat karakter mesin ini memang dikenal seperti itu.

Review Suzuki Gixxer SF250
Posisi berkendara pada motor ini cukup ergonomis

Hal lain yang saya rasakan saat review Suzuki Gixxer SF250 adalah aspek keselamatan Anti-lock Braking System (ABS) yang ditanamkan pada motor ini. Hal ini tentunya memberikan rasa aman kepada pengendara saat bermanuver sehingga akan lebih percaya diri lagi.

Adapun impresi lain yang membuat saya begitu terkesima adalah bobotnya yang cukup ringan saat diajak bermanuver. Untuk meliuk-liuk di belokan, motor ini bisa memberikan pengendalian yang mantap.

Begitupun dengan akselerasi penuhnya, saat review Suzuki Gixxer SF250 ini saya mencoba untuk memaksimalkan tenaga yang dihasilkan. Hasilnya? Motor ini mampu melesat hingga 120 kpj saat kondisi jalan memungkinkan untuk digeber.

Review Suzuki Gixxer SF250
Mesin satu silinder 250 cc begitu mumpuni untuk berakselerasi

Meski ada beberapa poin positif, namun saya juga turut mencatat kekurangan dari motor ini. Salah satunya adalah fitur keyless yang sempat ada di GSX-R 150, namun di model ini tidak ditanamkan. Begitupun dengan perpindahan persneling dari tiga keempat, kadang kala sempat terkendala dan sulit untuk dimasukkan.

Kesimpulan dari pengetesan motor ini menurut saya adalah model ini layak untuk dipinang dan sangat mumpuni jadi tunggangan pribadi saat mobilitas harian ataupun weekend ride semata.

LEAVE A REPLY