SUV Listrik Kia EV9 Resmi Diperkenalkan, Usung Banyak Teknologi Terkini

0
SUV Listrik Kia EV9 resmi diperkenalkan
SUV Listrik Kia EV9 resmi diperkenalkan
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Jakarta – Kehadiran SUV listrik terbaru Kia EV9 menjadi komitmen pabrikan asal Korea Selatan dalam menghadirkan mobil yang ramah lingkungan. Mereka tidak hanya menawarkan sebatas kendaraan semata, tetapi juga turut menyematkan banyak teknologi baru di dalamnya.

Kia EV9 ini dibangun di atas platform E-GMP (Electric Global Modular Platform), di mana melalui penggunaannya tersebut akan memberikan performa yang mumpuni serta daya jelajah yang lebih mengagumkan. Di atas kertas, dalam informasi resminya model ini mampu melahap jarak hingga 541 kilometer berdasarkan pengujian WLTP.

SUV listrik ini hadir dengan suguhan yang lebih menyenangkan di mana dibekali dengan konfigurasi tiga barus pertama serta turut menyajikan desain dan teknologi teranyar ke sektor elektrifikasi dan menjadi ujung tombak perusahaan sebagai penyedia solusi mobilitas berkelanjutan.

“Diciptakan untuk memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga, Kia EV9 juga memelopori transisi cepat Kia ke penyedia solusi mobilitas berkelanjutan, tidak hanya dengan arsitektur EV canggihnya, tetapi juga melalui berbagai bahan daur ulang dan berkelanjutan yang digunakan dalam pembuatannya,” jelas Presiden Direktur dan CEO Kia Corporation, Ho Sung Song, dalam keterangan resminya.

Dimensi yang dihadirkan dari SUV listrik Kia EV9 ini telah dibekali dengan panjang 5.010 mm, lebar 1.980 mm dan tinggi 1.755 mm serta ditopang dengan wheelbase 3.100 mm sehingga mampu memberikan kenyamanan dalam berkendara. Selain hadir dengan desain yang atletis, kenyamanan lain melalui sektor kaki-kaki mobil ini dibekali dengan beragam ukuran velg mulai dari 19 inci, 20 inci sampai 21 inci.

SUV Listrik Kia EV9 resmi diperkenalkan
Interior Kia EV9 menyuguhkan aura modern

Terkait penggunaan teknologi yang disematkan, Kia EV9 hadir dengan mengusung teknologi Highway Driving Pilot (HDP) yang tersedia pada varian GT-Line. Melalui fitur tersebut memungkinkan model ini dapat dikendalikan secara otonomos Level 3 dalam kondisi tertentu. Di samping itu, perusahaan juga turut memperkenalkan Kia Connect Store di mana pelanggan dapat memanfaatkan fitur dan layanan digital ini sesuai dengan permintaan.

SUV listrik ini ditawarkan dalam dua varian yakni RWD Long Range dan RWD Standard Range. Pada varian RWD Long Range menggunakan motor listrik tunggal bertenaga 150 kW atau 201 Hp
dengan torsi 350 Nm, yang mampu membuat SUV listrik ini berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 9,4 detik. Tersedia juga varian RWD Standard Range berpenggerak motor listrik tunggal yang mampu mengeluarkan tenaga 160 kW atau 214,5 Hp dan torsi 350 Nm. Pada varian RWD Standard Range ini dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 8,2 detik.

Lalu pada varian AWD yang dilengkapi dengan dua motor listrik menghasilkan total tenaga hingga 283 kW atau 380 Hp dan torsi gabungan 600 Nm. Kombinasi ampuh ini memungkinkan EV9 melesat dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 6,0 detik. Tersedia juga opsi performa lebih tinggi dengan fitur Boost yang dapat dibeli di Kia Connect Store. Dengan menggunakan fitur Boost, torsi gabungan yang dihasilkan meningkat menjadi 700 Nm dan memungkinkan EV9 berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 5,3 detik.

Untuk ketersediannya, SUV listrik Kia EV9 akan ditawarkan dengan sistem pre-order untuk pasar Korea pada kuartal kedua tahun 2023. Selain itu, model ini juga akan dijual ke beberapa negara lainnya mulai semester kedua tahun 2023.

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY