Alasan Kenapa Wuling Air ev Pantas Jadi Mobil Listrik Pertama Anda

0
alasan wuling air ev jadi mobil listrik pertama

ROCKOMOTIF, Jakarta – Banyak alasan mengapa mobil listrik Wuling Air ev pantas dijadikan mobil listrik pertama bagi Anda dan keluarga. Pertama tentu adalah harganya yang paling terjangkau dari mobil listrik lain yang ada di pasar Indonesia.

Ya, Wuling Air ev dijual dengan harga yang sangat terjangkau untuk sebuah mobil listrik bahkan menjadi mobil listrik paling murah yang dijual di Tanah Air. Wuling Motors meniagakan mobil listrik ini dengan dua pilihan yaitu Wuling Air ev Standar Range yang dibanderol hanya Rp 238 jutaan dan Wuling Air ev Long Range dengan harga Rp 295 jutaan saja.

Tak cuma itu, Wuling Air ev juga punya kemudahan dalam penggunaannya. Selain bodinya yang kompak dan cocok untuk perkotaan, cara perawatan dan juga penggunaannya juga sangat mudah. Mobil listrik ini bisa diisi ulang baterainya hanya dengan menggunakan listrik rumah.

charge wuling air ev

“Kendaraan listrik Wuling buatan Indonesia ini mengusung kemudahan dari sisi berkendara, penggunaan sehari-hari dan pengisian daya yang bisa dilakukan di rumah. Selain itu, kedua varian Air ev dilengkapi inovasi canggih, perangkat keselamatan lengkap hingga deretan fitur modern,” terang Danang Wiratmoko selaku Product Planning Wuling Motors.

Baca juga: Wuling Air ev Standard Range Cukup Untuk Harian? Intip Sederet Keunggulannya

Wuling Air ev menggunakan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh untuk tipe Standard Range dengan jarak tempuh hingga 200 kilometer dan 26,7 kWh untuk tipe Long Range dapat mencakup jarak tempuh hingga 300 kilometer saat terisi penuh.

Kapasitas baterai ini sangat cukup untuk penggunaan di dalam kota. Karena mayoritas pengemudi di Indonesia setiap harinya berkendara untuk perjalanan ke kantor atau ke sekolah dengan membawa maksimal empat penumpang termasuk pengemudi. Selain itu, rata-rata jarak tempuh yang dicapai oleh pengguna kurang dari 50 kilometer per harinya.

alasan wuling air ev jadi mobil listrik pertama

Biaya perawatan lebih murah dari mobil bensin

Berikutnya adalah biaya perawatan yang murah. Berdasarkan tabel yang dirilis oleh Wuling Motors, untuk biaya yang harus dipersiapkan tidak begitu menguras kantong. Mulai dari penggunaan 5.000 kilometer sampai 100.000 kilometer, budget tersebut tidak melebihi biaya perawatan mobil konvensional.

Jika dibandingkan dengan mobil konvensional baik yang berbahan bakar bensin atau diesel, mobil listrik ini jauh lebih hemat. Sebab, tidak ada penggantian oli mesin, penggantian busi serta beberapa hal mekanis lainnya. Dalam hal ini, untuk melakukan servis hanya seputaran pelumas untuk gardan dan beberapa komponen lain.

Menurut Wuling Motors, setiap melakukan servis di bengkel resmi harga perawatan Air ev ini berkisar mulai dari Rp 240 ribuan sampai Rp 559 ribu.

Baca juga: Naksir Wuling Air Ev? Berikut Harga Perawatan yang Harus Dikeluarkannya

interior wuling air ev

Beberapa hal yang dilakukan saat melakukan servis antara lain adalah jasa perbaikan, penggantian oli differential – oli gardan, filter AC, dan minyak rem. Jika diuraikan berdasarkan per item, untuk harga perawatan Air ev tidak ada yang melebihi Rp 200 ribuan. Murah bukan?

Fitur lengkap

Alasan lainnya lagi adalah fitur yang ada di Wuling Air ev membuat konsumen dimanjakan. Berbagai fasilitas modern turut hadir mulai dari Electric Power Window, Multifunction Steering Wheel, hingga USB Charging Port.

Untuk varian Long Range, Wuling menyematkan beberapa tambahan fitur seperti Integrated Floating Widescreen dengan layar meter cluster 10,25 inci dan layar head unit dengan ukuran yang sama, Keyless Entry, Synthetic Leather Seat, Smart Start System, serta Extended Horizon LED DRL.

Tak hanya itu, Wuling juga menyertakan kecanggihan inovasi pintar Internet of Vehicle (IoV) dan Wuling Indonesian Command (WIND) pada Air ev.

alasan wuling air ev jadi mobil listrik pertama

Guna menunjang keselamatan berkendara dengan Air ev, Wuling melengkapi mobil listrik compact ini dengan fitur safety yang lengkap. Terdapat dua airbag yang melindungi pengemudi dan penumpang baris pertama serta rangka yang kokoh.

Baca juga: Ini Jawaban Kenapa Harga Wuling Alvez Bisa Lebih Murah Dari Kompetitornya

Kemudian, sistem pengereman didukung dengan rem cakram pada roda depan dan belakang, ABS, EBD, TPMS, Sound Module for pedestrian Warning serta ISOFIX.

Khusus Wuling Air ev Long Range turut ditambahkan dengan Electronic Stability Control (ESC) dan Electric Parking Brake dengan AVH serta HHC.

tes baterai wuling air ev

Garansi baterai sampai 8 tahun

Alasan terakhir adalah layanan purna jual Air ev yang memberikan garansi untuk komponen inti yang terdiri dari garansi power battery system assembly, drive motor, dan motor controller hingga 8 tahun atau 120.000 kilometer serta garansi reducer, power distribution unit, dan user connection unit sampai dengan 5 tahun atau 100.000 kilometer.

Wuling juga memberikan gratis biaya jasa perawatan berkala bagi konsumen Air ev hingga 2 tahun atau 50.000 kilometer, yang mana tercapai terlebih dahulu.

“Wuling turut menyediakan layanan purna jual yang lengkap untuk setiap konsumen Air ev di Indonesia. Hal ini merupakan komitmen kami dalam rangka memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna kendaraan listrik pertama dari Wuling untuk Indonesia ini. Dengan demikian, konsumen tidak perlu khawatir untuk memiliki Wuling Air ev,” jelas Maulana Hakim selaku Aftersales Director Wuling Motors.

LEAVE A REPLY