PEVS 2023 Disiapkan Jadi Faktor Pengungkit Industri Elektrifikasi Dunia

0
pevs 2023

ROCKOMOTIF, Jakarta – Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 resmi dibuka untuk masyarakat umum. Moeldoko selaku Ketua Umum Periklindo membuka pameran yang berlangsung selama 5 hari dari 17 sampai 21 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Dijelaskan Moeldoko, Ketua Umum Periklindo, sering dengan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia yang semakin agresif, bersamaan dengan kesepakatan yang dilakukan oleh negara ASEAN untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di wilayah Asia Tenggara.

Menurut Moeldoko, Indonesia menjadi faktor pengungkit atas berkembangnya mobil listrik dunia. Menurut dia ada dua hal yang menunjukkan Indonesia sebagai faktor pengungkit perkembangan mobil listrik di dunia. Pertama, pada pertemuan KTT ASEAN ke-42 lalu, para pemimpin negara di kawasan Asia Tenggara sepakat membangun ekosistem mobil listrik di kawasan.

pevs 2023 moeldoko

Baca juga: PEVS 2023 Siap Pertemukan Pelaku Industri dengan Pemerintah

“Ini menunjukkan bahwa Indonesia menjadi faktor pengungkit atas berkembangnya mobil listrik dunia. ASEAN ingin menjadi pusat pertumbuhan elektrifikasi secara global. Terutama Indonesia, karena memiliki sumber daya untuk pertumbuhan kendaraan listrik,” jelas Moeldoko di sela-sela pembukaan PEVS 2023, Rabu (17/5/2023).

Menurut Moeldoko dalam KTT ASEAN para pemimpin negara sepakat ingin menjadikan kawasan sebagai pusat pertumbuhan kendaraan listrik. Terlebih, Indonesia memiliki sumber daya yang bisa mendukung keberlanjutan kendaraan listrik.

“Kedua, ada empat negara dan lima negara dengan Indonesia. Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand sepakat perlu mengembangkan baterai untuk kepentingan ke depan. Kesepakatan itu akan dilanjutkan dalam aksi nyata dalam riset dan pengembangan bersama,” ungkapnya.

Baca juga: Pameran PEVS 2023 Jadi Perangsang untuk Penggunaan EV di Indonesia

PEVS 2023 akan menampilkan beragam kendaraan roda empat yang inovatif dan ramah lingkungan diantaranya BMW, DFSK, Hyundai, KEVCBU, Mobil Anak Bangsa (MAB), Morris Garage (MG), Prestige, dan Wuling. Kemudian, untuk merek sepeda motor berbasis listrik, diikuti oleh merek seperti Benelli-Keeway, Davigo, Gesits, Gotion High-Tech, Greentech, Kymco, Rakata, Saige, Selis, Smartby, dan Volta.

Industri pendukung kendaraan listrik yang berperan penting dalam ekosistem kendaraan listrik di Indonesia antara lain ABC Lithium, Advance, Birubatt, Exicom, FAST, Gramedia, Honda Power Products Indonesia, Motoriz, Musashi, Powerindo, Tanva, Tianneng, Venom, Voltron, Von Dutch, Wallbox serta Wanhoo.

Periklindo dan Dyandra Promosindo berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan industri kendaraan listrik di Indonesia, serta mempercepat adopsi kendaraan ramah lingkungan. PEVS 2023 merupakan langkah konkret dalam mendorong kesadaran masyarakat akan manfaat kendaraan listrik dan dampak positifnya terhadap lingkungan.

LEAVE A REPLY