Toyota Recall Lagi, Sekarang Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 

0
Toyota Recall Land Cruiser 300 dan Lexus LX600
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali mengumumkan program recall untuk dua model premiumnya, yaitu Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 akibat masalah di sistem transmisi.

Ini merupakan program recall kesekian kalinya setelah belum lama ini Toyota juga mengumumkan recall untuk beberapa modelnya termasuk Veloz, Yaris Cross dan juga Sienta di Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi TAM, kampanye perbaikan ini melibatkan Land Cruiser LC300 produksi Juli 2021 dan Lexus LX600 produksi Januari 2022 hingga Januari 2024.

recall lexus lx600

Baca juga: Recall Mobil Toyota Melibatkan 5 Model Sekaligus

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) memohon maaf kepada pemilik Toyota Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 tahun produksi tertentu, atas ketidaknyamanan yang terjadi karena diimbau untuk berkunjung ke bengkel resmi Toyota atau Lexus terdekat,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam keterangan resmi.

Toyota menemukan potensi masalah pada transmisi otomatis 10-percepatan kedua model tersebut. Cakram kopling di dalam transmisi otomatis 10-percepatan tidak segera terlepas dari pelat saat tuas transmisi digeser ke posisi netral. Hal ini memungkinkan sebagian tenaga mesin tetap disalurkan ke roda.

toyota land crusier gr sport

Kondisi ini berisiko menyebabkan kedua SUV premium ini bergerak secara tidak sengaja dengan kecepatan rendah 6 km per jam, terutama di permukaan datar dan tanpa rem parkir. Risiko tabrakan dapat meningkat jika pengguna tidak mendeteksinya.

Solusi Perbaikan Hanya 30 Menit

Bengkel resmi Toyota dan Lexus akan melakukan pemeriksaan dan program ECU untuk mengendalikan transmisi otomatis. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit tanpa mengganti komponen apapun dan tidak dipungut biaya.

Baca juga: 18 Ribu Mobil Toyota Terpaksa Direcall, Termasuk GR Yaris

Lexus LX600

Toyota mengimbau kepada pemilik Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 tahun produksi tertentu untuk mengecek mobilnya di website resmi Toyota atau Lexus. Jika mobil terdaftar dalam program recall, pelanggan dapat mengunjungi bengkel resmi Toyota atau Lexus terdekat untuk mendapatkan perbaikan gratis.

“Kami meminta pelanggan agar mengecek mobilnya apakah ada di dalam daftar recall dan berkunjung ke bengkel resmi Toyota atau Lexus untuk reprogamming ECU transmisi tanpa ada biaya apapun,” pungkas Henry.

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY