Jakarta Surabaya Bisa Ditempuh Lewat Jalan Tol Trans Jawa

0
tol trans jawa
Ruas jalan tol Trans Jawa sudah diresmikan oleh Presiden Jokowi

ROCKOMOTIF, Surabaya – Menyambut libur akhir tahun 2018 ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas jalan tol Trans Jawa yang belum selesai saat libur Lebaran kemarin. Kini jika Anda ingin berlibur melalui jalan tol sudah bisa menempuh jalur dari Merak hingga Surabaya bahkan sampai Pasuruan.

Dengan diresmikannya beberapa ruas tol baru ini berarti jalan tol Trans Jawa sudah bisa tersambung sepanjang 901,03 kilometer (Km) dari Merak hingga Gerbang Tol (GT) Grati di Pasuruan pada waktu Natal dan Tahun Baru 2019.

Presiden Jokowi sendiri meresmikan tujuh ruas tol Trans Jawa dalam dua tahap hari ini, Kamis (20/12). Pertama di Jembatan Kali Konto untuk ruas Ngawi-Kertosono, Jombang-Mojokerto, Gempol-Pasuruan dan Surabaya-Gempol. Kemudian pada siang hari di Jembatan Kalikuto untuk ruas Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Semarang-Solo.

Ruas-ruas Trans Jawa yang dibangun sekarang akan melengkapi rangkaian tol dari Merak hingga Banyuwangi yang sudah tersambung sebelumnya. Seperti tol Jakarta-Merak, Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci dan Kanci Pejagan.

Baca juga: Tol Trans Jawa Siap Beroperasi, Pertamina Siapkan Layanan SPBU

Bagi Anda yang sudah merencanakan liburan dengan jalan darat, waktu tempuh Jakarta-Surabaya dan sebaliknya bakal terpangkas signifikan berkat adanya Tol Trans Jawa.

Meski sudah tersambung dan bisa dilalui hingga Pasuruan, masih ada sebanyak 5 ruas tol yang akan dioperasikan fungsional alias gratis. Kelima ruas tol itu antara lain Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga (Boyolali)-Kartasura, Wilangan (Nganjuk)-Kertosono, dan Pasuruan-Probolinggo (Grati). Sehingga total tarif Tol Trans Jawa dari ujung ke ujung yakni Rp 575.000.

Dengan total jarak dari Jakarta ke Surabaya lewat tol mencapai 760 km, maka kedua kota tersebut bisa dicapai dalam waktu 10 jam saja. Jalan tol Trans Jawa sendiri dijadwalkan bisa beroperasi secara penuh atau komersil pada mudik Lebaran 2019.

LEAVE A REPLY