Doyan Mobil Klasik, Ini Tips Membeli Mobil Retro

0
mobil retro mobil klasik

ROCKOMOTIF, Jakarta – Tren kepemilikan mobil klasik atau retro saat ini, tengah menjamur, khususnya di Indonesia. Tren kepemilikan mobil retro semakin bertambah besar.

Bagi mereka yang baru akan meminang mobil retro, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memboyong mobil tersebut ke dalam garasi rumah. Tentunya, tips berikut bisa menjadi panduan ketika Anda sedang mengincar mobil retro impian, apa saja tahapan pengecekannya? Simak tipsnya berikut ini!

Berdasarkan penuturan Eryanto Subaktiawan, pemilik Bengkel Bintang Automotive, yang banyak menangani mobil-mobil retro, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terutama bagian bodi, untuk memastikan seberapa banyak keropos yang ada di bagian tersebut.

Baca juga: Mengenang Sosok BJ Habibie Ternyata Seorang Kolektor Mobil Klasik

“Terutama bodi, dicek dulu keroposnya di bagian bodinya banyak apa enggak, kalau ada sedikit keropos, artinya wajar. Tapi kalau banyak, butuh waktu dan dana lagi untuk membangunnya,” buka pria yang akrab disapa Tanto ini.

Selain sektor bodi, hal lain yang juga harus diperhatikan antara lain adalah interior. Menurut Tanto, keaslian dari bahan dan peranti yang ada di kabin menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan.

“Bagian lain yang harus dicek interior, usahain masih ori. Kalau enggak ori, biasanya mobil retro yang jual orisinilnya banyak, beberapa juga ada di bengkel ini,” tambah Tanto.

Setelah melakukan pengecekan tersebut, Tanto baru menyarankan periksa mesin dan kaki-kaki. Pada pengecekan mesin, juga bisa melihat sehat atau tidaknya mobil tersebut.

“Pas ngeliatin mobil, sekalian dihidupkan mesinnya sambil digas, ini untuk melihat ngebul apa enggak pada knalpot, lalu suara mesin berisik atau tidak. Kalau ada berisik, biasanya tanda-tandanya metal mesin bakalan rusak,” paparnya.

LEAVE A REPLY