Mitsubishi Xpander Hybrid Belum Masuk Indonesia, Ini Alasannya

0
Mitsubishi Xpander Hybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menegaskan belum akan memasarkan Xpander dan Xpander Cross hybrid dalam waktu dekat.

Presiden Direktur MMKSI Atsushi Kurita mengatakan, pihaknya masih menunggu perkembangan mobil hybrid di pasar otomotif nasional sebelum memutuskan untuk membawa Xpander hybrid ke Indonesia.

“Saya tidak bisa katakan sekarang kapan bisa dibawa, setidaknya saya bisa katakan secara teknis kami menunggu arahan dari prinsipal dan permintaan dari masyarakat Indonesia,” ujar Kurita dalam acara buka puasa bersama media di Jakarta, Senin (1/4/2024) malam.

Kurita menegaskan, Mitsubishi sudah siap dengan teknologi hybrid. Namun, mereka ingin memastikan bahwa waktu peluncurannya tepat dan sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia.

Baca juga: Mitsubishi Xforce Buatan Indonesia Resmi Diekspor ke Vietnam

“Di Thailand ada beberapa kebijakan yang menguntungkan mobil hybrid, jadi sangat kompetitif dibanding mobil biasa. Kami akan melihat progres mobil hybrid di Indonesia,” jelas Kurita.

Sebagai informasi, Xpander hybrid telah dipasarkan di Thailand sejak Februari 2024. Mobil ini dilengkapi dengan mesin bensin 1.6L yang dipadukan dengan motor listrik.

Mesin 1.600 cc baru ini dikembangkan menggunakan siklus Atkinson, yang menghasilkan efisiensi termal lebih tinggi. Ditambah lagi, motor elektrik memberikan tenaga tambahan saat akselerasi, sehingga konsumsi bahan bakar lebih hemat.

Mesin ini menghasilkan 88,7 hp dan torsi 134 Nm, sementara motor listrik yang disuplai oleh baterai lithium-ion, menghasilkan tenaga 114 hp dan torsi 255 Nm.

Baca juga: Mitsubishi Telan Pil Pahit, Penjualan Xpander Tahun 2023 Anjlok

Mitsubishi mengklaim bahwa Xpander dan Xpander Cross hybrid dapat menghasilkan penghematan bahan bakar sekitar 10% dibandingkan model mesin bensin CVT.

Di negeri Gajah Putih, Xpander hybrid ini dibanderol 912 ribu baht atau setara Rp 405,5 jutaan. Sementara untuk Xpander Cross hybrid dijual mulai 946 ribu baht atau setara Rp 420,6 jutaan.

Selain dua model MPV ini, Mitsubishi sebenarnya juga memiliki model hybrid lain yang siap dipasarkan dalam waktu dekat, yaitu XForce hybrid.

“XForce sudah ada rencana untuk versi hybrid segera,” kata Kurita.

Kalau kalian lebih pilih Xpander Hybrid atau XForce Hybrid nih yang duluan dijual di Indonesia?

LEAVE A REPLY