TMMIN Kembangkan Program Pelatihan Bagi Para Operator Logistik

0
tmmin pelatihan operator logistik

ROCKOMOTIF, Jakarta – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bersama seluruh rantai pasoknya terus berupaya untuk mengembangkan program pelatihan yang sistematis dan berkelanjutan.

Program ini dirancang khusus untuk membekali pekerja dengan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan menerapkan praktik-praktik terbaik di bidangnya.

Salah satu contoh nyata upaya TMMIN dalam pengembangan SDM adalah penyelenggaraan “Logistic Skill Contest” yang ke-13 dengan tema “Let’s Create Our Future Sustainability by Strong People Development, Productivity Up and Best Competitiveness”.

Program ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan dalam mendorong pengembangan kompetensi untuk para operator logistik termasuk driver dengan melibatkan hampir 30 rekanan yang mendukung produksi kendaraan di dalam negeri.

tmmin pelatihan operator logistik

Baca juga: Ekspor Mobil Toyota 2023 Mengalami Penurunan

Upaya TMMIN ini difokuskan pada dua aspek utama: efisiensi dan keselamatan. Pentingnya peran driver dalam rantai pasok, khususnya dalam hal keselamatan, menjadi kunci utama dalam program pengembangan. Kecelakaan atau insiden dalam perjalanan dapat menghambat proses produksi dan memiliki efek domino yang merugikan banyak pihak.

“Pengembangan kompetensi pada operator driver menjadi indikator kunci dalam meminimalisir potensi risiko serta memperkuat operasi rantai pasok industri di Indonesia,” kata Bob Azam, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

TMMIN menyadari bahwa peningkatan keterampilan spesifik yang relevan dan bermanfaat untuk industri keseluruhan perlu terus dikembangkan. Selain dari sertifikasi bagi para driver yang bersifat umum, adopsi keterampilan khusus dan baru dapat menjadi masukan penting bagi Pemerintah Indonesia dalam pengembangan sertifikasi logistik skala nasional. Inisiatif ini bertujuan untuk mengembangkan core / unique skill yang relevan dengan kebutuhan industri di masa depan.

Baca juga: Toyota Eco Youth 2024 Tantang Pelajar SMA untuk Berinovasi

tmmin pelatihan operator logistik

“Melalui fokus pada pengembangan SDM dengan meningkatkan kompetensi dan keterampilan khusus, kami percaya bahwa inisiatif ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi para pekerja untuk meningkatkan produktivitas, tetapi juga mempersiapkan mereka dengan kompetensi yang relevan untuk menghadapi tantangan masa depan industri,” tambah Bob Azam.

Hingga tahun 2023, TMMIN telah menjalin kolaborasi dengan hampir 30 rekanan logistik yang mendukung operasi produksi kendaraan di dalam negeri. Jaringan luas ini melibatkan lebih dari 1.100 karyawan dalam proses distribusi. Sejak dimulainya inisiatif Skill Contest, fokus diberikan pada pengembangan master trainer sebagai strategi utama untuk meningkatkan kualitas dan keahlian dalam rantai pasok secara mandiri.

Sejalan dengan perkembangan teknologi dalam rangka revolusi Industri 4.0, penerapan digitalisasi menjadi aspek penting dalam kegiatan logistik. Salah satunya melalui implementasi “Sistem Tenko” secara digital yang memungkinkan pengecekan kesiapan operator driver secara real time.

Selanjutnya, pengembangan Electronic Driver Check List (E-DCL) sebagai langkah maju dalam digitalisasi proses operasi untuk memastikan transparansi dan kecepatan dalam proses pengelolaan logistik hingga proses pembayaran.

LEAVE A REPLY