Apa Saja Persiapan Berkendara Saat Musim Hujan

0
persiapan berkendara di musim hujan

ROCKOMOTIF, Jakarta – Hujan sudah mengguyur beberapa wilayah di Indonesia, termasuk di Ibukota Jakarta beberapa hari belakangan ini. Tentunya ketika menyambut musim hujan ada beberapa hal yang harus Anda cek dan persiapkan sebelum berkendara.

Berikut ini beberapa persiapan pada kondisi mobil dari Auto2000 sebelum berkendara ketika memasuki musim hujan. Jangan sampai Anda mengalami musibah di jalan hanya karena lupa melakukan pengecekan ya.

Yang pertama adalah periksa karet wiper. Kalau sampai bermasalah, Anda tidak bisa melihat dengan baik sehingga sangat berbahaya. Untuk mobil MPV seperti Avanza dan Sienta juga wajib mengecek wiper belakang. Periksa juga air pembersih kaca dan jangan sampai kosong karena akan menyulitkan saat kaca kotor.

BAca juga: Tips Membeli Kendaraan dari Acara Lelang

Perhatikan seluruh lampu, mulai dari lampu utama, sein, fog lamp, hingga lampu belakang, agar tidak ada yang mati.

Saat hujan turun, sistem kelistrikan mobil akan bekerja keras karena seluruh perangkat listrik aktif beroperasi. Jangan tunggu bermasalah, cek kondisi aki mobil apakah masih layak pakai atau tidak.

Potensi kecelakaan sangat besar ketika ban mobil tidak dalam kondisi prima. Perhatikan tingkat keausan telapak ban dengan berpedoman pada Tire Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil. Tingkat keausan ban yang tidak merata menandakan ada masalah di kaki-kaki mobil.

Baca juga: Masih Musim Hujan, Ini Tips Mengemudi yang Aman

Periksa pula tekanan angin ban supaya sesuai dengan standarnya. Sembari itu, tidak ada salahnya memeriksa sistem kemudi dan suspensi agar mobil dapat melaju dengan baik di genangan air.

Jangan lupakan rem mobil. Kondisi jalan yang licin membuat rem mobil bekerja lebih keras. Pastikan rem berfungsi baik dengan memeriksa kampas rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran.

Masuk ke dalam mobil, pastikan AC berfungsi baik dan dingin. Embusan AC yang tidak dingin akan membuat kaca depan mobil berembun dan mengganggu visibilitas.

LEAVE A REPLY