Pandemi Melonggar Bisnis Sewa Mobil Kebanjiran Order

0
bisnis sewa mobil trac

ROCKOMOTIF, Jakarta – Pandemi Covid-19 yang mulai melonggar yang diikuti oleh kebijakan pemerintah membolehkan mudik atau bepergian jarak jauh membuat bisnis sewa mobil kebanjiran order. Hal ini dialami oleh PT Serasi Autoraya (SERA) yang memiliki unit bisnis TRAC Astra Rent A Car sampai mengalami kekurangan unit kendaraan untuk disewakan.

“Ketika mobilitas masyarakat mulai meningkat tentu akan diikuti juga dengan permintaan sewa mobil. Bisa dilihat dari banyaknya pekerja yang sudah kembali bekerja dari kantor (work from office atau WFO),” ungkap Halomoan Fischer, selaku Chief Operating Officer TRAC di Sera Grup Media Gathering, Selasa, (31/5).

Sebelumnya saat pandemi di awal tahun 2020 bisnis sewa kendaraan mengalami kesulitan karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat hingga 2 tahun kemarin. Bahkan TRAC juga melakukan seleksi penyewaan kendaraan saat mudik masih dilarang tahun 2020 dan 2021.

“Kalau saat pandemi, kita bahkan seleksi dulu siapa yang mau sewa kendaraannya, karena kita tidak mau nanti unit kendaraan kita kena razia di jalan karena mudik masih dilarang di 2020 sama 2021,” beber Fischer lebih lanjut.

Baca juga: Pengguna Kendaraan Pribadi Naik Saat Pandemi, Bisnis Mobil Bekas Meningkat

Peningkatan positif baru terlihat ketika tahun 2022 masyarakat diperbolehkan melakukan perjalanan jauh untuk mudik lebaran. Pada masa pendemik Covid-19, sewa paling tinggi hanya di angka 800 unit perbulan, tapi tahun 2022 bisa menyentuh di angka 1.200 unit sebulan.

“Kebijakan mudik ini tentunya menjadi kabar baik bagi para pebisnis rental kendaraan. Bahkan kami sampai menambah stok unit agar bisa memenuhi pesanan. Ketika sudah fix boleh mudik, semua kendaraan yang ada di Jawa, Sumatera hingga Bali langsung habis tersewa. Padahal ada kenaikan harga sewa hingga 20%, tapi ternyata habis juga unit kendaraan tersewa,” jelasnya.

Fischer juga mengatakan bahwa TRAC sekarang punya teknologi yang memudahkan dalam penyewaan kendaraan melalui aplikasi smartphone, dapat diunduh melalui aplikasi Google Play atau Apple App Store. Aplikasi TRACtoGO, memungkinkan pelanggan bisa memilih tipe kendaraan yang ingin disewa, mulai dari kendaraan penumpang hingga Luxury Bus.

LEAVE A REPLY